Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Danseskoal: KRI Nanggala-402 Akan Hancur Berantakan Jika Diserang Kapal Asing

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 27 April 2021, 17:25 WIB
Danseskoal: KRI Nanggala-402 Akan Hancur Berantakan Jika Diserang Kapal Asing
KRI Nanggala-402/Net
TNI Angkatan Laut menampik kabar yang menyebutkan bahwa KRI Nanggala-402 tenggelam lantaran adanya kapal selam asing di sekitaran perairan utara Bali yang tengah meluncurkan torpedo hingga terkena kapal selam milik Indonesia tersebut.

“Kalau misal ditimpa oleh kapal selam atau kapal lain, pasti hancur berantakan tidak mungkin seperti demikian (terbelah tiga),” ucap Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto dalam jumpa pers virtual, Selasa (27/4).

Terkait adanya kapal selam asing yang melintasi Indonesia, Danseskoal menjelaskan, bahwa di perairan Indonesia terdapat ALKI atau Alur Laut Kepulauan Indonesia, di mana wilayah tersebut terdapat kapal perang asing di dunia yang boleh melintas.

“Mereka tidak harus setiap hari laporan. Tetapi mereka akan laporan pada saat akan masuk, yang ketahuan. Karena segitu banyaknya (kapal) dan panjangnya (ALKI). Sehingga tadi yang disampaikan mungkinkah ada kapal selam di situ? Mungkin, kenapa tidak,” katanya.

Namun, Iwan membantah jika ada kapal selam asing yang bersinggungan dengan KRI Nanggala ketika tenggelam 21 April 2021 silam.

"Tapi untuk ke situ (perairan utara Bali) tidak mungkin, kenapa? Karena pada satat latihan ini ada sekitar 8 kapal yang melaksanakan pengamanan, dan ada dua kapal kita yang memiliki kemampuan mendeteksi sonar. Sehingga tidak mungkin,” katanya.

Selain itu, data citra remote operated underwater vehicle (ROV) dari MV Swift Rescue milik Singapura juga telah disampaikan bahwa kapal tersebut tidak hancur berkeping-keping melainkan terbelah menjadi tiga bagian.

"Kemarin juga disampaikan Bapak Panglima TNI di sana saat melaksanakan video conference, begitu datanya di dapatkan, tidak ada kepingan,” tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA