Farah.ID
Farah.ID

Pangdam Jaya: 12 WNA India Yang Positif Covid Sudah Diisolasi

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 24 April 2021, 23:21 WIB
Pangdam Jaya: 12 WNA India Yang Positif Covid Sudah Diisolasi
Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman/Net
Upaya tracking sudah dilakukan oleh Satgas Covid-19 DKI Jakarta menyusul kedatangan ratusan Warga Negara Asing (WNA) asal India, maupun WNI yang dari India.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, Satgas sudah membentuk tim yang bertugas sebagai tim pencarian, tim evakuasi, tim kesehatan, tim penjagaan, dan tim penegakan hukum. Secara keseluruhan, 160 orang sudah dilajukan tes swab.

"Hasil swab dari 160 orang, 153 warga negara dari India, ada 12 orang yang positif. 12 ini Langsung diisolasi mandiri di Hotel Cariston," kata Dudung di Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu (24/4).

WN India yang terkonfimasi positif Covid-19 dalam keadaan tanpa gejala. Mereka langsung diisolasi untuk mencegah menularkan virus ke warga lainnya. Sedangkan 141 WN India yang dinyatakan negatif, tetapi diisolasi selama 14 hari. Isolasi dipusatkan di Hotel Holiday Inn Tamansari. 90 orang sudah berada di hotel. 51 lainnya tengah dalam proses pemindahan.

Adapun 7 WNI yang datang dari India juga mengikuti proses isolasi selama 14 hari. Kebijakan ini diambil karena terjadi lonjakan kasus baru di India dalam beberapa waktu terakhir.

"Kami imbau masyarakat untuk tidak khawaitr karena kami jamin WN dari india, baik asing maupun wni, mulai kedatangan, kami data mulai dari datang sudah kita lakukan secara maksimal," jelas Dudung.

Sebelumnya, Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Benget Saragih menyebut Indonesia kedatangan ratusan Warga Negara Asing (WNA) dari India melalui Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (21/4) malam.

Benget mengaku cukup khawatir akan kedatangan 127 WNA India itu, sebab diketahui India tengah dilanda ‘Tsunami Covid-19’ dalam dua bulan terakhir. Selain itu, India diketahui tengah berjibaku melawan mutasi virus SARS-CoV-2 varian B1617 yang bermuatan mutasi ganda.

Adapun, Kamis (22/4), India mencatat rekor baru dalam pandemi dengan melaporkan 314.835 kasus Covid-19 dalam sehari. Laporan tersebut menandai jumlah kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia sejak pandemi. Gelombang kedua Covid-19 melanda India sejak awal April. Ini dipicu penyelenggaraan pemilu, sejumlah acara keagamaan yang melibatkan banyak orang, dan kendornya pelaksanaan protokol kesehatan.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA