Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bupati Lumajang Berharap Program BST Diperpanjang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 21 April 2021, 08:30 WIB
Bupati Lumajang Berharap Program BST Diperpanjang
Ilustrasi./Net
rmol news logo Program Bantuan Sosial Tunai (BST) akan berakhir April 2021. Hingga saat ini, Kementerian Sosial (Kemensos) belum memberikan sinyal, apakah akan memperpanjang penyaluran BST.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sementara, sejumlah pemerintah daerah berharap program tersebut diperpanjang. Program perlindungan sosial ini dinilai memberikan manfaat besar dalam meningkatkan perputaran roda ekonomi daerah di tengah pandemi Covid-19.

"Kami sebenarnya merasakan manfaat dari program ini. Terasa untuk perputaran ekonomi sektor riil yang ada di bawah," ujar Bupati Lumajang H Thoriqul Haq, Selasa (20/4).

Thoriqul khawatir, dihentikannya BST akan memberi tekanan besar bagi masyarakatnya. Kemampuan daya beli masyarakat, khususnya keluarga penerima manfaat (KPM) bisa menurun signifikan.

"Masyarakat, terutama yang perputaran ekonominya dari kegiatan usaha harian, bisa akan lebih stagnan kalau tidak ada BST," ujarnya.

Dia menilai pemerintah harus mengintervensi agar kemampuan daya beli masyarakat bisa kembali pulih. Setidaknya, kelas masyarakat menengah ke bawah untuk bisa produktif kembali.

Bupati Lumajang itu menilai, pemerintah pusat perlu melakukan evaluasi terkait penyaluran BST. Misalnya, mekanisme penyalurannya yang perlu diubah.

"Saat ini kan pekerjaan di infrastruktur masih berjalan. Kalau untuk pekerjaan unskill sebetulnya masyarakat bisa. Tinggal gimana mekanismenya penyaluran diatur oleh pemerintah. Harapannya, agar perputaran ekonomi kembali berjalan,” tandas Thoriqul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA