Tausiah Ramadhan Firli Bahuri: Bulan Suci Menguatkan Karakter Anti Korupsi

Ketua KPK Komjen H. Firli Bahuri/Net

Bulan suci Ramadhan sarat dengan nilai-nilai pendidikan yang mengajarkan manusia arti kesederhanaan, kesabaran, kejujuran, dan amanah serta menjunjung tinggi integritas diri sebagai hambaNya.

Nilai-nilai pendidikan di bulan Suci Ramadhan dapat menguatkan karakter setiap individu dalam melawan laten, doktrin dan ideologi korupsi yang telah berurat akar di republik ini.

Inilah perspektif yang digunakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memandang bulan Ramadhan dan esensi ibadah puasa di dalammnya.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) H. Firli Bahuri dalam tausiah bulan Ramadhan yang dikirimkannya kepada redaksi.

“Sejatinya ini (gerakan melawan korupsi yang berurat berakar tadi) memang harus diinisiasi dan dimulai dari diri kita sendiri,” ujar pria kelahiran Kampung Lontar, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, ini.

Firli yang juga pernah menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK (2018-2019) mengutip surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Dari ayat tersebut jelas dikatakan bahwasanya takwa adalah tujuan dari ibadah puasa.

Mantan kapolda Sumatera Selatan (2019) mengutip pendapat ulama besar Indonesia, alm. H. Abdul Malik Karim Amrullah, mengenai takwa yang berarti memelihara hubungan yang baik dengan Allah SWT dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan meninggalkan seluruh larangan-Nya.

Pengertian itu dituliskan HAMKA dalam “Tafsir Al Azhar” yang merupakan salah satu karya besar yang ditinggalkannya.

Perilaku koruptif dan kejahatan korupsi jelas bukan perintah Tuhan. Tuhan justru melarang kejahatan itu karena dapat merusak hubungan hamba ciptaan-Nya dengan diri-Nya.

“Bukan hanya Islam, agama dan aliran kepercayaan apapun di muka bumi ini sudah tentu melarang umatnya berperilaku koruptif dan melakukan kejahatan korupsi karena dua hal tersebut juga dapat merusak agama atau aliran kepercayaan,” tulis Firli Bahuri lagi.

Menghancurkan Bangsa

Pada bagian lain, mantan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri (2019) ini menambahkan, apabila dibiarkan korupsi dapat meluluh lantakkan sebuah bangsa dan negara. Ini mungkin terjadi karena dampak destruktif korupsi bukan hanya menghancurkan perekonomian semata, namun juga merusak mindset serta kuktur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan negara.

Dengan demikian, telah jelas bawa korupsi bukan sekadar musuh negara, korupsi adalah musuh bersama segenap umat beragama dan aliran kepercayaan dimuka bumi ini.

“Karena itulah, dalam bulan yang baik, penuh berkah, hidayah dan inayah ini, bersama kita gelorakan selalu semangat anti korupsi, sebagai bentuk ketakwaan sebagai umat-Nya dalam menjaga keberlangsungan hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara,” masih dikatakan Firli.

Dalam tausiah bulan suci Ramadhan itu, Firli Bahuri juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kelemahan, kekurangan, kesilapan, dan kekhilafan dirinya yang ada selama ini.

“Semoga Allah SWT mempermudah ibadah kita di bulan Ramadhan, bulan nan suci dan mengabulkan seluruh cita-cita luhur bangsa ditengah situasi dan kondisi serta ragam halang rintang cobaan untuk menjadi bangsa dan negara yang besar, maju, yang Insya Allah akan terwujud dengan izin-Nya,” demikian Firli Bahuri.

Kolom Komentar


Video

Pesan May Day Airlangga Hartarto

Sabtu, 01 Mei 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Politik Labelisasi & Kepuasan Publik

Selasa, 04 Mei 2021
Video

Farah ZoomTalk Spesial Ramadhan • Salam sehat, bahagia penuh kegembiraan

Rabu, 05 Mei 2021

Artikel Lainnya

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H Pada 11 Mei 2021
Nusantara

Kemenag Gelar Sidang Isbat A..

06 Mei 2021 00:12
Tito Putuskan Perpanjang PPKM Mikro Di 30 Provinsi
Nusantara

Tito Putuskan Perpanjang PPK..

05 Mei 2021 20:21
Dimulai Dari Papua Hingga Sumatera, NU CARE Salurkan Zakat Fitrah Dari Tokopedia Salam
Nusantara

Dimulai Dari Papua Hingga Su..

05 Mei 2021 19:25
Antisipasi Mudik Lebaran, 158 Titik Penyekatan Di Jabar Beroperasi Besok
Nusantara

Antisipasi Mudik Lebaran, 15..

05 Mei 2021 18:59
Jakarta Resmi Berlakukan SIKM, Begini Cara Mengurusnya
Nusantara

Jakarta Resmi Berlakukan SIK..

05 Mei 2021 17:04
Antisipasi Penyebaran Varian Baru Covid-19 India, Gubernur Banten Minta Petugas Lebih Tegas
Nusantara

Antisipasi Penyebaran Varian..

05 Mei 2021 16:47
Tak Terima THR Secara Penuh, ASN Jabar Diminta Emil Tunjukkan Sikap Bela Negara
Nusantara

Tak Terima THR Secara Penuh,..

05 Mei 2021 15:48
Ratusan Paket Lebaran Dan THR Dibagikan IIPG Kepada Tenaga Kesehatan
Nusantara

Ratusan Paket Lebaran Dan TH..

05 Mei 2021 15:08