Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Insiden Pengusiran Wartawan Terulang, Ombudsman Sumut Minta Pemkot Medan Lebih Kreatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 20 April 2021, 17:40 WIB
Cegah Insiden Pengusiran Wartawan Terulang, Ombudsman Sumut Minta Pemkot Medan Lebih Kreatif
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar/RMOLSumut
rmol news logo Insiden pengusiran wartawan di Kantor Walikota Medan  oleh tim pengamanan Bobby Nasution seharusnya bisa dihindari. Di sinilah pentingnya peran fasilitas yang disediakan Pemerintah Kota Medan terhadap para awak media.

Menurut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar, Pemkot Medan harus memfasilitasi dengan menyiapkan tempat/ruangan untuk para wartawan. Sehingg mereka dapat melakukan wawancara doorstop kepada Walikota Medan baik saat masuk kantor, maupun saat pulang kantor pada sore hari.

“Bila ruang atau tempat yang selama ini digunakan teman-teman wartawan menunggu walikota saat ini sudah harus disterilkan, maka Pemkot Medan yang seharusnya segera menyiapkan tempat atau ruangan baru buat teman-teman wartawan. Bila memungkinkan, posisinya bisa mengakses walikota untuk wawancara atau doorstop,” saran Abyadi, dikutip Kantor Berita RMOLSumut, Selasa (20/4).

Selain itu, lanjut Abyadi, cara lain yang bisa dilakukan Pemkot adalah dengan mengefektifkan peran Humas.

“Humas harus bisa menjelaskan setiap isu-isu publik yang menjadi pertanyaan teman-teman media,” tambah Abyadi.

Terlepas dari semua itu, Abyadi berharap miskomunikasi antara wartawan dengan Pemkota dapat segera diselesaikan. Karena, menurutnya, kedua pihak saling membutuhkan.

Wartawan butuh keterangan walikota sebagai pejabat publik. Sementara walikota sebagai pejabat publik juga paling membutuhkan wartawan.

"Karena itu, saya menyarankan agar masalah ini segera diakhiri. Menurut saya, demi kebaikan bersama, sebaiknya (Pemkot) datangi teman-teman jurnalis. Diajak ngobrol ringan di ruangan. Saya yakin, teman-teman jurnalis itu akan dewasa. Mereka orang orang cerdas,” demikian Abyadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA