Tenda Masjid At Tabayyun Diancam Bakal Dibongkar, Warga Muslim TVM Siapkan Perlawanan Hukum

Suasana di dalam Tenda Masjid At Tabayyun/Ist

Kekhusuan warga muslim di Taman Villa Meruya (TVM), Jakarta Barat, dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan tengah mendapat ujian.

Tenda Masjid At Tabayyun yang mereka dirikan sejak awal Ramadan untuk menjadi tempat shalat Tarawih diancam akan dibongkar oleh seorang oknum pengacara bernama Hartono.

Upaya oknum pengacara dari Kantor Pengacara Hartono dan Rekan itu memang tergolong nekat. Dia mengklaim mendapat kuasa dari seluruh warga Taman Villa Meruya.

Faktanya, yang memberi kuasa untuk membongkar Tenda Masjid At Tabayyun tak lebih dari dari 12 orang. Namun dikesankan seolah dari seluruh warga TVM yang berjumlah 2.000 jiwa.
 
Parahnya lagi, dari 12 orang itu, 6 orang malah beralamat tinggal di Tangerang. Padahal lokasi Tenda Mesjid ada di DKI Jakarta.

Ke-12 orang pemberi kuasa itu adalah Andy Widijanto, Ir Ridwan Susanto, Susanto Chandra, Anggiat Tambunan SH, Hendro Ananto Putro, Brian Hartadi Limas, Ridwan Yuhandy, Stephen Kurnia, Kuntana, Yossie Salaki, Adi Widjaya, dan Diana Rochili.

Pada 15 April lalu, mereka menyuruh Hartono mengirim somasi kepada Ketua Panitia Mesjid At Tabayyun. Mereka mengultimatum agar dalam tempo 3 X 24 jam, tenda untuk shalat Tarawih di komplek TVM itu dibongkar.

Meski tak menyebut apa sanksi yang disiapkan jika ultimatumnya diabaikan, tak pelak hal ini membuat warga Muslim di TVM merasa tidak nyaman. Seperti tidak hidup di negeri Pancasila yang menjunjung tinggi kehidupan beragama.

Somasi yang isinya intimidasi melarang warga beribadah, sangat melukai perasaan mereka.

"Inilah arogansi yang luar biasa semena-mena. Padahal, secara hukum, jelas mereka tidak punya hak untuk melarang kami beribadah. Kami punya izin dari Gubernur DKI, FKUB, sampai Ketua RT/RW setempat. Tentu saja dengan bekal itu kami akan hadapi ancaman mereka," tegas Ketua Mesjid At Tabayyun, Marah Sakti Siregar, Selasa (20/4).

Menurut Marah Sakti, pihaknya sedang menyiapkan tim untuk melakukan tuntutan hukum kepada pengacara Hartono. Tuntutan hukum ini terkait empat hal.

Pertama, mengirim somasi secara terbuka kepada 15 instansi yang isinya mencemarkan nama baik umat Muslim. Padahal, somasi sesuai aturannya harus disampaikan secara tertutup kepada pihak yang mau dituju.

Kedua, memfitnah warga Muslim menyerobot tanah untuk lahan tenda tempat beribadah. Ketiga, menghalangi umat Islam beribadah.  Dan keempat, menyuruh bongkar tempat ibadah.  

Sejauh pemantauan, sampai Senin malam (19/4) -tenggat waktu ultimatum Hartono- suasana ibadah di Tenda Masjid At Tabayyun masih berjalan tenang dan lancar.

Bahkan, berturut-turut tenda itu dikunjungi pejabat dari MUI Jakbar, Ustaz Hakim, dan KH Sulaiman Rahimi dari FKUB DKI. Para tamu itu memimpin shalat Tarawih dan menyampaikan Tausiyah.
Malam sebelumnya, hadir juga Irjen pol (purn) Burhanuddin Andi dan Suhanto Sastrosudarmo selaku Sekjen Kementerian Perdagangan.

Semalam, Panitia mengumumkan mulai Jumat (23/4) Tenda Mesjid At Tabayyun akan menyenggarakan shalat Jumat juga shalat Ied di akhir Ramadan.

Tenda Masjid At Tabayyun didirikan pada Senin (13/4) oleh Panitia Pembangunan Mesjid At Tabayyun di lahan yang mereka miliki seluas 1.078 meter persegi berdasar SK Gubernur DKI 1021/2021.  

Pembangunan masjid itu seyogyanya rampung tahun lalu, namun tertunda karena musibah pandemi. Maka, sementara waktu dibangunlah tenda untuk dipergunakan shalat Tarawih oleh warga Muslim TVM pada Ramadan tahun ini. Jumlah warga Muslim di TVM sekitar 300 jiwa.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Pesan May Day Airlangga Hartarto

Sabtu, 01 Mei 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Politik Labelisasi & Kepuasan Publik

Selasa, 04 Mei 2021
Video

Farah ZoomTalk Spesial Ramadhan • Salam sehat, bahagia penuh kegembiraan

Rabu, 05 Mei 2021

Artikel Lainnya

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H Pada 11 Mei 2021
Nusantara

Kemenag Gelar Sidang Isbat A..

06 Mei 2021 00:12
Tito Putuskan Perpanjang PPKM Mikro Di 30 Provinsi
Nusantara

Tito Putuskan Perpanjang PPK..

05 Mei 2021 20:21
Dimulai Dari Papua Hingga Sumatera, NU CARE Salurkan Zakat Fitrah Dari Tokopedia Salam
Nusantara

Dimulai Dari Papua Hingga Su..

05 Mei 2021 19:25
Antisipasi Mudik Lebaran, 158 Titik Penyekatan Di Jabar Beroperasi Besok
Nusantara

Antisipasi Mudik Lebaran, 15..

05 Mei 2021 18:59
Jakarta Resmi Berlakukan SIKM, Begini Cara Mengurusnya
Nusantara

Jakarta Resmi Berlakukan SIK..

05 Mei 2021 17:04
Antisipasi Penyebaran Varian Baru Covid-19 India, Gubernur Banten Minta Petugas Lebih Tegas
Nusantara

Antisipasi Penyebaran Varian..

05 Mei 2021 16:47
Tak Terima THR Secara Penuh, ASN Jabar Diminta Emil Tunjukkan Sikap Bela Negara
Nusantara

Tak Terima THR Secara Penuh,..

05 Mei 2021 15:48
Ratusan Paket Lebaran Dan THR Dibagikan IIPG Kepada Tenaga Kesehatan
Nusantara

Ratusan Paket Lebaran Dan TH..

05 Mei 2021 15:08