Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Minyak Goreng Dan Gula Mulai Naik, Pemkot Bandung Siap Tambah Pasokan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 13 April 2021, 16:17 WIB
Harga Minyak Goreng Dan Gula Mulai Naik, Pemkot Bandung Siap Tambah Pasokan
Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana/Ist
rmol news logo Harga minyak goreng curah dan gula pasir di Kota Bandung terpantau mulai mengalami kenaikan. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menambah pasokan Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas), khususnya minyak goreng curah dan gula pasir.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana, usai mendampingi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau Pasar Sederhana, Kota Bandung, Selasa (13/4).

"Tadi menurut Pak Menteri ada komoditas yang agak naik juga, minyak curah dan gula. Karena itu kewenangannya Kementerian Perdagangan, kemungkinan minggu ini pasokannya akan diperbanyak. Mudah-mudahan harganya jadi turun," kata Yana.

Yana mengungkapkan, kenaikan sejumlah komoditas jelang dan memasuki bulan Ramadan merupakan hal yang lumrah. Lanjut Yana, kenaikan yang terjadi dinilai masih dalam kewajaran.

"Karena kenaikannya masih di rentang wajar, suplainya cukup, pembelinya juga biasa saja. Upayanya kalau ini memang pasokannya naik. Kelihatannya momentum Ramadan," jelas Yana, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

"Di awal puasa ada beberapa komoditas yang siklus kebiasaannya naik, seperti ayam, daging, dan telur," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan, berdasarkan pantauan pada Selasa 13 April 2021, stok kebutuhan pokok masyarakat dalam kondisi aman tersedia.

"Semua kondisi aman tersedia, tapi harga ada beberapa yang mengalami kenaikan. Ini memang fenomena 'munggahan' atau menjelang Ramadan," ungkapnya.

Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan di antaranya daging sapi dari Rp 120.000 per kilogram menjadi Rp 130.000 per kilogram. Minyak curah dari Rp 12.500 menjadi Rp 13.000 per liter.

Namun, cabai rawit terpantau turun dari Rp 120.000 menjadi Rp 80.000 per kilogram.

"Ini dikarenakan beberapa produsen cabai panen raya," terangnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA