Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rencana Pembelajaran Tatap Muka Di Purwakarta Terkendala Vaksinasi Tenaga Pendidik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 12 April 2021, 20:11 WIB
Rencana Pembelajaran Tatap Muka Di Purwakarta Terkendala Vaksinasi Tenaga Pendidik
Ilustrasi
rmol news logo Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta tengah mempersiapkan rencana pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan diselenggarakan pada tahun ajaran baru.

Kepala Disdik Kabupaten Purwakarta, Purwanto menyampaikan, pelaksanaan PTM akan dimulai tahun ajaran baru.

Namun demikian, khusus wilayah Kecamatan Kiarapedes, Kecamatan Sukasari, Kecamatan Maniis bisa memulai untuk menyiapakan kebutuhan sesuai dengan SOP sarana prasarana protokol kesehatan dalam persiapan PTM termasuk di dalamnya spanduk imbauan.

Purwanto juga menyinggung soal penataan bangunan sekolah. Ia menegaskan, harus ada ruang terbuka hijau di tiap sekolah.

"Tidak boleh lagi ada yang membangun bangunan sembarangan tanpa pertimbangan. Kebijakan bangunan perpustakaan itu tidak penting karena buku bisa disimpan di pojok-pojok kelas, yang paling penting itu bagaimana anak-anak punya budaya membaca," terang Purwanto dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Senin (12/4).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Purwakarta, Sadiyah membenarkan jika akan ada uji coba untuk PTM di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sukasari, Maniis, dan Kiara Pedes di semua jenjang.

"Persiapan yang dilakukan ialah sosialisasi ke seluruh stakeholder, memastikan kesiapan sarana-prasarana. Verifikasi kelengkapan daftar periksa kesiapan PTM, melakulan simulasi seluruh warga sekolah, dan memastikan pendidik dan tenaga kependidikan telah divaksin," kata Sadiyah.

Ia menyebutkan, kegiatan PTM akan digelar di tahun ajaran baru dengan catatan seluruh tenaga pendidik sudah mendapatkan vaksin.

"Sampai saat ini hanya 1.800 guru yang sudah divaksin, dari total 7.709 guru yang ada di Kabupaten Purwakarta," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Dinas Pendidikan meminta kepada Dinas Kesehatan agar guru diprioritaskan divaksin sebelum tahun ajaran baru dimulai.

"Tiga kecamatan juga belum semua, di Sukasari ada 10 sekolah, Maniis 19 sekolah, Kiara Pedes ada 21 sekolah yang akan menyelenggarakan PTM," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA