Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Buruh Di Banten Terancam Gagal Mudik Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 05 April 2021, 23:24 WIB
Ribuan Buruh Di Banten Terancam Gagal Mudik Lebaran
Ilustrasi
rmol news logo Ratusan ribu tenaga kerja atau buruh di Banten yang berasal dari luar daerah dipastikan terancam gagal mudik lebaran.

Hal itu sesuai keputusan pemerintah pusat yang secara resmi melarang kegiatan mudik 2021.

"Jumlah buruh yang dari luar daerah itu lebih dari 500 ribu, informasi awal kan nggak boleh mudik yah," terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Al Hamidi di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (5/4).

Meski demikian, Al Hamidi mengaku hingga saat ini belum menerima ketentuan resmi mengenai aturan pelaksanaan pelarangan mudik buruh dari Kementerian Ketenagakerjaan.

"Belum ada konfirmasi lebih lanjut. Kami belum menerima ketentuan bakunya dari Kementerian Ketenagakerjaan. Biasanya kan dari perhubungan dulu," katanya.

Berdasarkan informasi dari pusat, lanjutnya, ketentuan mengenai mudik terus dinamis bahkan terdapat pengecualian bagi beberapa kelompok yang masih diperbolehkan untuk bepergian keluar Kota.

Namun demikian, Al Hamidi meminta seluruh pekerja atau buruh baik sektor formal maupun informal untuk membatasi mobilitas ke luar daerah, mengingat risiko penularan covid-19 di Banten masih tinggi.

"Ada informasi lagi mudik diperbolehkan. Jadi, kami mengikuti nanti kalau ada kebijakan diperbolehkan. Nanti boleh mudik," pungkas Al Hamidi seperti diberitakan Kantor Berita RMOLBanten. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA