Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah, Jokowi Dorong Budaya Enterpreunership Sebagai Strategi Dakwah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 02 April 2021, 18:06 WIB
Buka Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah, Jokowi Dorong Budaya Enterpreunership Sebagai Strategi Dakwah
Presiden Joko Widodo saat membuka Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah Manado/Repro
rmol news logo Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah Manado yang berlangsung hari ini dibuka secara daring oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Pemuda Muhammadiyah yang telah berbagai peran aktif kebangsaan dan diharap bisa memberikan inovasi dalam pengelolaan dakwah kultural wasathiyah.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh Kader Pemuda Muhammadiyah di manapun berada yang selalu hadir membantu masyarakat, mengerahkan ribuan relawan KOKAM di saat masyarakat ditimpa bencana gempa, banjir, termasuk di masa pendemi,” jar Jokowi yang dikutip melalui siaran kanal Youtube Presiden, Jumat (2/4).

Selain itu, Jokowi mengapresiasi Gerakan Pengusaha Berkemajuan (GPB) Pemuda Muhammadiyah dalam upayanya melahirkan kepeloporan bagi generasi muda muslim di sektor perekonomian.

Dalam pengamatannya, Jokowi melihat tantangan Indonesia ke depan lebih pelik seiring terciptanya 2,9 juta penduduk usia kerja baru dalam tiap tahun dan proyeksi puncak demografi 2030.

"Saya berharap Tanwir ke-1 Pemuda Muhammadiyah ini akan terus mendorong budaya enterpreuneurship dan kolaborasi di kalangan generasi muda sebagai strategi dakwah kultural Pemuda Muhammadiyah yang akan menebarkan nilai-nilai tawasuth dan ta’awun, saling membantu di semua lini kehidupan kebangsaan," katanya.

"Saya juga berharap Pemuda Muhammadiyah berada di dalam garis terdepan dalam menjaga dan memperkokoh toleransi, persatuan dalam keberagaman sesuai dengan ideologi kita Pancasila," demikian Joko Wiodo.

Acara Tanwir 1 Peuda Muhammdiyah Manadinini turut dihadiri oleh perwakilan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia.

Adapun tokoh daerah yang hadir dalam acara yang diselenggarakan di Grand Kawanua Convention Centre Manado ini antara lain Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw serta para Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah kali ini mengangkat tema “Dakwah Kolaboratif Memajukan Bangsa”, yang merupakan agenda musyawarah nasional tertinggi kedua di bawah Muktamar.

Tanwir 1 dijadwalkan berlangsung dari Jumat hari ini hingga Ahad (2-4) April 2021.

Sebelum pembukaan oleh Presiden Joko WIdodo, acara Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah dimulai dengan gelaran Diskusi Kepemudaan yang dihadiri secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat tinggi kemiliteran mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto menegaskan bahwa Tanwir membahas terkait isu aktual kebangsaan, masalah organisasi hingga teknis Muktamar.

“Forum ini memberikan kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa dakwah kolaboratif bagi sesama dan kemajuan bangsa menjadi salah satu kewajiban dan fungsi kader Pemuda Muhammadiyah untuk kemajuan kita bersama,” ujarnya Cak Nanto saat membuka acara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA