Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua IKA Unpad Dorong Sinergi Pentahelix Wujudkan Jabar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 01 April 2021, 04:33 WIB
Ketua IKA Unpad Dorong Sinergi Pentahelix Wujudkan Jabar Sebagai Lumbung Pangan Nasional
Ketua IKA Unpad, Ira Hermawan bersama peserta Diskusi Awal Rencana Pengembangan Ekspor Komoditas Pertanian di Jabar/RMOLJabar
rmol news logo Kehadiran Jabar Feeds Indonesia Center (JAFIC) IKA Unpad diharapkan menjadi ujung tombak dalam upaya mewujudkan Jawa Barat sebagai lumbung pangan nasional.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Ketua IKA Unpad, Ira Hermawan dalam diskusi awal Rencana Pengembangan Ekspor Komoditas Pertanian Di Jabar yang digelar Di Educational Garden Eptilu, Cikajang, Garut, Jawa Barat, Rabu (31/3).

"Kami IKA Unpad selalu siap membantu setiap upaya menjadikan Jabar sebagai lumbung pangan nasional," kata Teh Ira diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Menurutnya, cita-cita Jabar sebagai lumbung pangan nasional perlu didukung oleh keunggulan teknologi. Pasalnya, jumlah lahan yang tersedia semakin lama semakin berkurang.

Ia optimis program-program JAFIC akan berhasil jika mendapat dukungan koperasi-koperasi yang dipimpin para alumni Unpad. Apalagi jika didukung oleh pendanaan dari LPDB, pendampingan dari lembaga-lembaga terpercaya, arahan dari civitas akademika dan pemerintah di tiap Kabupaten/Kota.

Ketua JAFIC, Agus Santoso sepakat dengan Teh Ira karena banyak alumni Unpad dari berbagai fakultas bergerak di bidang pertanian. Potensi mereka akan optimal jika dihimpun dalam sebuah jejaring yang bisa saling melengkapi.

Lebih lanjut ia mengatakan, potensi ini akan optimal jika didukung oleh alumni lain yang bergerak di bidang pendanaan dan di bidang lainnya.

"Makanya kita dorong ada sinergi pentahelix supaya ada dukungan nyata ke yang bergerak di bidang pertanian," ujarnya.

Staf Khusus Kementerian KUKM itu juga mengaku akan mengumpulkan eksportir-eksportir untuk dihubungkan dengan Alumni Unpad pegiat pertanian.

"Pada intinya melalui JAFIC, kita mendorong para petani kecil jadi menengah dan yang menengah jadi besar," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA