Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alvin Lie: Uji GeNose Masih Eksklusif Jadi Beban Bandara Dan Stasiun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 31 Maret 2021, 14:10 WIB
Alvin Lie: Uji GeNose Masih Eksklusif Jadi Beban Bandara Dan Stasiun
Pengamat penerbangan, Alvin Lie/Net
rmol news logo Penggunaan GeNose sebagai alternatif skrining Covid-19 untuk pelaku perjalanan dalam negeri masih menjadi polemik di publik.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 No. 12/2021, penggunaan GeNose untuk syarat perjalanan akan berlaku mulai 1 April, bersama dengan tes PCR dan tes antigen.

Dijelaskan bahwa pelaku perjalanan transportasi wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Sementara untuk tes antigen memiliki kurun waktu maksimal 2 x 24 jam, dan tes GeNose dilakukan di bandara atau pelabuhan pada hari keberangkatan.

Di sisi lain, berdasarkan SE Kementerian Perhubungan No. 26/2021, pelaku perjalanan wajib memberikan surat keterangan hasil negatif tes PCR dan antigen dengan sampel yang diambil maksimal 2 x 24 jam. Sedangkan untuk GeNose 1 x 2 jam.

Pengamat penerbangan Alvin Lie berpendapat, aturan SE Kemenhub lebih realistis karena dapat mengurangi beban di bandara, sehingga tidak terjadi penumpukan.

Namun mengingat saat ini uji GeNose masih dilakukan secara eksklusif di bandara, pelabuhan, dan stasiun, maka pengurangan beban tidak signifikan.

"Hal ini karena sejauh ini pelayanan GeNose masih eksklusif hanya di stasiun dan bandara. Belum tersebar ke RS atau klinik atau lab umum seperti tes antigen," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (31/3).

"Jika tetap harus di bandara, maka pengurangan beban bandara tidak signifikan," tambahnya.

Alvin juga sebelumnya sempat mengatakan, penggunaan GeNose menjelang Idul Fitri kurang tepat karena harus menghadapi puncak lalu lintas. Ia menilai, penerapan GeNose lebih baik dilakukan setelah Idul Fitri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA