Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmikan Latkop UKM Jatim, Khofifah Harap Jadi Pusat Unggulan Koperasi Dan UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 30 Maret 2021, 18:24 WIB
Resmikan Latkop UKM Jatim, Khofifah Harap Jadi Pusat Unggulan Koperasi Dan UMKM
Gubernur Jatim (nomor 3 dari kanan) saat meresmikan Gedung Latkop UKM Jatim/Ist
rmol news logo Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Jatim (Latkop UKM), yang terletak di Perum Bulan Terang Utama, Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

Gedung UPT Latkop UKM itu untuk enguatan terhadap koperasi dan UKM terus dilakukan di Jawa Timur.

Gedung tersebut dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan 4 lantai. Peruntukannya pada lantai 1 untuk ruang pelayanan publik, lantai 2 untuk perkantoran, lantai 3 untuk aula mini dan kelas, lantai 4 untuk olahraga dan rooftop.

Latkop UKM Jatim itu juga dilengkapi fasilitas perpustaskaan, e-library, dan podcast.

Gubernur Jatim yang akrab disapa Khofifah ini mengharapkan, keberadaan Latkop UKM Jatim bisa menjadi center of excellence (pusat unggulan) bagi pelaku koperasi dan UMKM Jatim.

Kata Khofifah, Latkop diharapkan dapat memberikan penguatan manajerial skill bagi para pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Malang dan Jatim pada umumnya.

Misalnya, di sisi pengemasan atau packaging, desain grafis, digitalisasi, hingga pengolahan yang higienis serta jejaring pemasaran.

“Kekuatan UMKM di Jatim tahun 2019  kemarin saat pandemi covid-19 sampai sekarang masih mengalami pelemahan. Karenanya melalui Latkop ini kita terus mendorong agar bisa bangkit kembali serta pada saat yang sama lompatan market yang bisa dijangkau akan lebih jauh,” terang Khofifah.

Menurut Khofifah, Latkop KUKM Jatim ini sangat strategis, karena keberadaan UMKM di Jatim mampu menjadi backbone PDRB Jatim sebesar 56,94 persen.

Ditambah lagi saat ini koperasi aktif di Jawa Timur jumlahnya mencapai 22.450 dengan jumlah anggota dan pengelola 3,987 juta orang.

Apalagi, jumlah pelaku UMKM di Jatim sebanyak 9,78 juta orang.

"Latkop KUKM di Malang ini lokasinya sangat strategis, karena koperasi-koperasi terbaik dan terpilih sebagian besar berada di Malang Raya. Terlebih, support dari perguruan tinggi di Malang Raya juga luar biasa, baik dalam hal pelatihan maupun program-program lainnya," tukas mantan Mensos RI ini.

Khofifah menjelaskan, salah satu penyiapan yang bisa dilakukan lewat Latkop KUKM ini yakni dengan membangun penguatan digitalisasi IT dalam pelatihannya. Sehingga para pelaku Koperasi dan UMKM siap melakukan perdagangan secara online.

Baik, dari sisi pemasaran hingga di teknis fotografi sebelum produk itu dipasarkan.

Turut menghadiri peresmian tersebut, Walikota Malang Sutiaji, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Forkopimda Kota Malang, dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA