Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PT Transjakarta Target Operasikan 10.051 Bus Listrik Tahun 2030

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 30 Maret 2021, 15:30 WIB
PT Transjakarta Target Operasikan 10.051 Bus Listrik Tahun 2030
Armada PT Transjakarta/Net
rmol news logo PT Transjakarta siap memasuki era baru penggunaan transportasi publik berbasis listrik.

Persiapan elektrifikasi ini sudah mulai dijajaki bersama dengan beberapa penyedia bus listrik guna memastikan semua armada bus yang bakal digunakan berkualitas baik.

“Pada prinsipnya, Transjakarta bersama operator siap bekerjasama untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami,” kata Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (30/3).

Sebelum resmi dioperasikan seluruh produsen bus diharapkan sudah melakukan sertifikasi armada agar sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) yang berlaku.

Harapannya, sebanyak 10.051 unit bus listrik sudah mengaspal di jalur Transjakarta dan bisa dinikmati secara keseluruhan oleh masyarakat pada tahun 2030 mendatang.

Ribuan bus ini akan dioperasikan secara bertahap. Pada tahun 2021 sebanyak 100 unit bus yang akan dioperasikan.

"Harapan kita agar saat ulang tahun DKI Jakarta nanti kita bisa implementasikan minimal 20-30 unit bus listrik per Juni 2021. Kalau bisa berjalan sesuai harapan, ini akan menjadi langkah menuju goals yang lebih besar lagi,” tuturnya.

Jhony melanjutkan, ke depan armada bus dengan bahan bakar solar perlahan akan berganti dengan unit bus berbahan energi listrik.

Hal ini sejalan dengan ketentuan usia masa berlaku bus yang diperbolehkan beroperasi di DKI Jakarta dan sekitarnya yakni 10 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA