Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NU Care-Lazisnu Korea Selatan Bangun Sumur Untuk Pengungsi Gempa Sulawesi Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 28 Maret 2021, 20:43 WIB
NU Care-Lazisnu Korea Selatan Bangun Sumur Untuk Pengungsi Gempa Sulawesi Barat
NU Care-Lazisnu Korea Selatan membuat sumur untuk warga pengungsi di Sulawesi Barat/Ist
rmol news logo Gempa yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat, pada pertengahan Januari 2021 yang lalu masih menyisakan dampak yang sangat besar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satunya adalah rusaknya rumah-rumah warga yang mengakibatkan mereka harus mengungsi di tenda-tenda pengungsian, seperti yang terlihat di sebelah SD Negeri Inpres Tampa Padang, Kampung Jati, Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Masalah lain dari pengungsian ini adalah soal air bersih yang berasal dari sumur juga terdampak karena gempa. Padahal kebutuhan air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi para pengungsi di sana.

"Ini airnya keruh sekali, karena mungkin kena dampak gempa ya. Ya bisa dilihat sendiri air yang kami gunakan seperti apa. Tapi gimana lagi, adanya seperti itu," ujar salah satu pengungsi di Tampa Padang.

Untuk membantu para pengungsi di sana, NU Care-Lazisnu Korea Selatan membuat sumur untuk warga pengungsi. Bantuan ini terdiri dari sumur bor dan dua bilik MCK serta toren dan septic tank yang dibuat secara permanen.

"Kami dari NU Care-Lazisnu Korea Selatan menyalurkan titipan donasi dari pekerja migran Indonesia di Korea Selatan untuk meringankan beban para pengungsi gempa Sulbar. Salah satunya dengan membangun sumur," ucap Ketua NU Care-Lazisnu Korea Selatan, Asrofi, dalam keterangannya, Minggu (28/3).

Menurutnya, ke depan NU Care-Lazisnu akan merencanakan program Wakaf Sumur bukan hanya diperuntukkan bagi lokasi-lokasi bencana, tapi juga daerah-daerah terluar dan terpencil di Indonesia yang membutuhkan air bersih.

Sementara itu, Ketua PW NU CARE-LAZISNU Provinsi Sulawesi Barat, Ahmad mengaku bersyukur adanya bantuan dari pekerja migran Indonesia di Korea Selatan untuk meringankan pemulihan pasca bencana.

"Alhamdulillah, kami sampaikan terimakasih kepada para pekerja migran Indonesia di Korea Selatan yang sudah membantu warga di Mamuju dengan membangun sumur. Sangat-sangat bermanfaat," ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA