Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banjir Landa Aceh Besar, 1 Orang Dinyatakan Hilang Terseret Arus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 27 Maret 2021, 23:20 WIB
Banjir Landa Aceh Besar, 1 Orang Dinyatakan Hilang Terseret Arus
Hujan dengan intensitas tinggi membuat sejumlah wilayah di Aceh Besar terendam banjir/Ist
rmol news logo Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Aceh Besar  mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. Setidaknya lahan pertanian seluas 30 hektar lebih kini terendam banjir.

Bahkan, banjir kali ini telah menelan satu orang korban jiwa.

"Satu orang korban jiwa dan merendam lahan pertanian warga," kata Kepala Badan Pananggulan Bencana Alam Aceh, Ilyas, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu (27/3).

Wilayah yang terendam banjir di Aceh Besar di antaranya Kecamatan Lhoong, Desa Pudeng dan Pasie.

Akibat dari intensitas hujan tinggi, air sungai Pudeng meluap hingga masuk ke wilayah pemukiman warga. Ilyas mengatakan, ketinggian air mencapai 50 centimeter.

Sementara korban jiwa dalam kejadian itu, Nurma (65), merupakan warga Desa Cirih, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

Menurut keterangan Ilyas, korban terseret arus sungai hingga saat ini masih dinyatakan hilang. Menurut keterangan warga, korban terseret arus sungai ketika sedang menyeberangi sungai.

Meski demikian, kondisi debit air kini sudah mulai surut secara perlahan dan intensitas hujan mulai menurun. Namun, masyarakat harus tetap waspada mengantisipasi apabila kondisi cuaca dan hujan terus terjadi.

BPBD Aceh Besar sendiri terus melakukan pemantauan dan melakukan pengecekan bersama unsur kecamatan di titik lokasi banjir serta melakukan penyisiran bantaran sungai untuk mencari korban yang dinyatakan hilang.

Hingga kini, belum ada warga yang harus mengungsi. Sebagian warga yang rumahnya sempat digenangi oleh banjir bahkan sudah mulai membersihkan rumahnya masing masing seiring kondisi air yang sudah mulai surut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA