Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi Dikukuhkan, JMSI Sultra Siap Bangun Perusahaan Siber Yang Profesional Dan Berintegritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 25 Maret 2021, 15:32 WIB
Resmi Dikukuhkan, JMSI Sultra Siap Bangun Perusahaan Siber Yang Profesional Dan Berintegritas
Foto bersama usai pengukuhan JMSI Sultra yang digelar dengan menaati protokol kesehatan secara ketat/Ist
rmol news logo Tekad kuat untuk membangun perusahaan media siber yang profesional, memiliki integritas, mengelola sisi bisnis secara sehat dan bertanggung jawab diikrarkan M. Nasir Idris usai Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sulawesi Tenggara dikukuhkan pada Rabu (24/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam struktur Pengda JMSI Sultra, M. Nasir sebagai ketua didampingi La Ismeid sebagai sekretaris dan Misrawati sebagai bendahara. Pengda JMSI Sultra dikukuhkan langsung oleh Sekjen PP JMSI, Mahmud Marhaba di salah satu hotel di Kendari.

Pengda JMSI Sultra merupakan daerah ke-8 yang dikukukan dari 29 pengda yang terbentuk.  

Saat memberi sambutan, M. Nasir menyatakan bahwa dirinya akan menciptakan budaya kerja di lingkungan redaksi yang menaati UU Pers, kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan, sebagaimana yang dicita-citakan dalam pendirian JMSI.

Dia juga mengurai bahwa gagasan pendirian JMSI di Sultra dimulai dari komunikasi yang terbangun antara PP JMSI dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Sarjono.

"Setelah intens melakukan komunikasi hingga akhirnya meluluhkan hati saya untuk memimpin organisasi perusahaan pers ini," ungkap Nasir.

Sebanyak 21 media online dari kabupaten dan kota yang ada di Sultra tercatat sudah bergabung ke JMSI. Mulai dari Kota Kendari, Baubau, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, hingga Kabupaten Buton.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh yang hadir memberi sambutan menyatakan bahwa JMSI Sultra telah memberikan warna yang baik untuk kemajuan pemberitaan di wilayahnya.

Dia mengingatkan bahwa pers adalah pilar demokrasi dan harus hadir secara profesional dan taat asas. Pers yang baik, menurut Abdurrahman Saleh, adalah pers yang melakukan check and balance dan bersungguh hati untuk memajukan perusahaan media, juga memerangi kemiskinan dan ketidakadilan.

"Saya yakin JMSI adalah satu kekuatan yang besar terhadap kemajuan pers di Sultra," ungkapnya.

Sementara Bupati Konawe Utara, Ruksamin dalam sambutannya memberikan apresiasi dan selamat atas pengukuhan organisasi pers JMSI Sultra.

"Saya mewakili seluruh pimpinan daerah serta masyarakat se-Provinsi Sulawesi Tenggara mengucapkan selamat atas pengukuhan ini, semoga atas terbentuknya JMSI akan semakin menambah kekuatan kita untuk lebih semangat membangun Sulawesi Tenggara," ungkapnya.

Baginya, media telah menjadi bagian dari perjalanan kesuksesan karir politiknya, dari menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Konawe hingga sukses menjadi Bupati Konawe Utara dua periode.

"Kalau saya tidak berteman dengan wartawan, sampai hari ini saya tidak mungkin menjadi bupati," ungkapnya.

Usai pengukuhan, Sekjen PP JMSI, Mahmud Marhaba menegaskan bahwa pihaknya sudah siap menuju ke Dewan Pers untuk mempersiapkan verifikasi faktual.

Namun demikian, putra asli Gorontalo itu mengingatkan bahwa menjadi konstituen Dewan Pers bukan tujuan utama.

“Tujuan utama kita adalah bagaimana menciptakan iklim media yang sehat, bagaimana menjadikan wartawan pemilik media yang profesional, bertanggung jawab bukan abu-abu," jelas Mahmud Marhaba.

Tantangan yang dimaksud adalah menjadikan sebuah perusahaan pers yang proporsional, terdaftar di Dewan Pers, memiliki PT (Perseroan Terbatas), memiliki pemimpin redaksi bersertifikat utama dan perusahaan pers yang memiliki alamat kantor yang jelas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA