Salurkan BST Di Selat Nasik, Pos Tanjung Pandan Gandeng Komunitas

Penyaluran BST di Selat Nasik./Repro

PT Pos Indonesia (Persero) melakukan berbagai cara dalam menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada para keluarga penerima manfaat (KPM).  Hal ini disesuaikan dengan kondisi geografis Indonesia yang beragam.

Di wilayah kepulauan, seperti Selat Nasik, Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, misalnya. PT Pos menggandeng komunitas, agar penyaluran BST  dapat berjalan efektif.

Kepala Kantor Pos Tanjung Pandan 33400, Syifa Fauziyah, Rabu, (24/3), mengatakan, di Selat terdapat sekitar 50-an KPM.  Wilayah itu, tidak memiliki kantor pos. “Kami menyalurkan BST melalui komunitas," ujar dia.

Untuk sampai ke Selat Nasik, tim Kantor Pos Tanjung Pandan harus sudah melakukan penjadwalan dua hari sebelum berangkat. Termasuk berkoordinasi lebih dulu dengan aparat desa setempat dan komunitas. Dengan demikian, begitu tim tiba, KPM penerima BST sudah berkumpul dan sudah dikondisikan.

“Dengan demikian, pembayaran bisa selesai dalam sehari. Penyalurannya tetap memerhatikan protokol kesehatan (prokes).," ujarnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial PPPA Kabupaten Belitung Eko Wijarnoko menjelaskan, secara keseluruhan, di Kabupaten Belitung, tercatat ada 2.717 KPM penerima BST.  Jumlah itu turun dari data awal sekitar 3.000-an.

“Ada yang status ekonominya berubah setelah didata dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata Eko Wijarnoko.
Agar penyaluran BST berjalan tepat waktu dan memerhatikan prokes, Dinas Sosial dibantu pekerja sosial masyarakat (PSM) dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dalam melakukan pendampingan dan menyalurkan BST ke rumah KPM lansia dan yang sedang sakit.

Secara terpisah, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, BST sangat penting dalam memulihkan perputaran roda ekonomi daerah. Secara khusus, membantu meningkatkan kemampuan daya beli masyarakat menengah ke bawah.

"BST ini sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Belitung semenjak covid-19 mewabah. Kebutuhan masyarakat untuk BST ini sangat penting," kata Isyak.

Isyak  memandang perlu inovasi agar penyaluran BST bisa disalurkan langsung ke rumah KPM tanpa perlu datang ke kantor pos. Pendataan dengan sistem digital, menurutnya, akan memperlancar proses ini.

"Blankspot di Belitung tinggal sedikit. Hanya di wilayah kepulauan saja, dan tidak banyak. Jadi sangat  mudah untuk akses digitalisasi membantu percepatan penyaluran BST," kata Isyak.

Sejauh ini, ada tiga cara penyaluran BST yang dilakukan Pos Indonesia. KPM mengambil langsung ke kantor pos, melalui komunitas, dan mengantarkan langsung ke rumah KPM, khususnya bagi lansia dan yang sedang sakit.

Kolom Komentar


Video

Kok Jadi Kontroversial, Padahal Begini Test Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK

Selasa, 11 Mei 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Pemerintah Harusnya Jaga Perasaan Rakyat

Selasa, 11 Mei 2021

Artikel Lainnya

Ditinggal Salat Ied, Rumah Warga Purbalingga Terbakar
Nusantara

Ditinggal Salat Ied, Rumah W..

13 Mei 2021 17:20
Ziarah Kubur Dilarang, Warga Kecewa Disuruh Putar Balik
Nusantara

Ziarah Kubur Dilarang, Warga..

13 Mei 2021 16:19
Cerita Orang Minang, Dua Kali Lebaran Tak Pulang Kampung, Sedih Tapi Harus Taat Anjuran Pemerintah
Nusantara

Cerita Orang Minang, Dua Kal..

13 Mei 2021 14:37
Syal Palestina Melingkar Di Leher Anies Baswedan Saat Shalat Idul Fitri
Nusantara

Syal Palestina Melingkar Di ..

13 Mei 2021 14:29
Gelar Shalat Ied Berjemaah, Imam Masjid Al-Azhar: Mudah-mudahan Allah Selamatkan Semuanya
Nusantara

Gelar Shalat Ied Berjemaah, ..

13 Mei 2021 13:26
Untung Sempat Tak Kenali Wajah Anaknya Yang Jadi Korban Petasan Kebumen
Nusantara

Untung Sempat Tak Kenali Waj..

13 Mei 2021 13:26
320 Warga Binaan Lapas Ambarawa Terima Remisi, 3 Langsung Bebas
Nusantara

320 Warga Binaan Lapas Ambar..

13 Mei 2021 12:46
Temani Lieus Sungkharisma Beri Bansos Di Gang Sempit Tamansari, Wagub DKI: Mudah-mudahan Yang Lain Bisa Seperti Ini
Nusantara

Temani Lieus Sungkharisma Be..

13 Mei 2021 10:57