Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Salurkan BST Di Selat Nasik, Pos Tanjung Pandan Gandeng Komunitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 25 Maret 2021, 08:23 WIB
Salurkan BST Di Selat Nasik, Pos Tanjung Pandan Gandeng Komunitas
Penyaluran BST di Selat Nasik./Repro
rmol news logo PT Pos Indonesia (Persero) melakukan berbagai cara dalam menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada para keluarga penerima manfaat (KPM).  Hal ini disesuaikan dengan kondisi geografis Indonesia yang beragam.

Di wilayah kepulauan, seperti Selat Nasik, Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, misalnya. PT Pos menggandeng komunitas, agar penyaluran BST  dapat berjalan efektif.

Kepala Kantor Pos Tanjung Pandan 33400, Syifa Fauziyah, Rabu, (24/3), mengatakan, di Selat terdapat sekitar 50-an KPM.  Wilayah itu, tidak memiliki kantor pos. “Kami menyalurkan BST melalui komunitas," ujar dia.

Untuk sampai ke Selat Nasik, tim Kantor Pos Tanjung Pandan harus sudah melakukan penjadwalan dua hari sebelum berangkat. Termasuk berkoordinasi lebih dulu dengan aparat desa setempat dan komunitas. Dengan demikian, begitu tim tiba, KPM penerima BST sudah berkumpul dan sudah dikondisikan.

“Dengan demikian, pembayaran bisa selesai dalam sehari. Penyalurannya tetap memerhatikan protokol kesehatan (prokes).," ujarnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial PPPA Kabupaten Belitung Eko Wijarnoko menjelaskan, secara keseluruhan, di Kabupaten Belitung, tercatat ada 2.717 KPM penerima BST.  Jumlah itu turun dari data awal sekitar 3.000-an.

“Ada yang status ekonominya berubah setelah didata dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata Eko Wijarnoko.
Agar penyaluran BST berjalan tepat waktu dan memerhatikan prokes, Dinas Sosial dibantu pekerja sosial masyarakat (PSM) dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dalam melakukan pendampingan dan menyalurkan BST ke rumah KPM lansia dan yang sedang sakit.

Secara terpisah, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, BST sangat penting dalam memulihkan perputaran roda ekonomi daerah. Secara khusus, membantu meningkatkan kemampuan daya beli masyarakat menengah ke bawah.

"BST ini sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Belitung semenjak covid-19 mewabah. Kebutuhan masyarakat untuk BST ini sangat penting," kata Isyak.

Isyak  memandang perlu inovasi agar penyaluran BST bisa disalurkan langsung ke rumah KPM tanpa perlu datang ke kantor pos. Pendataan dengan sistem digital, menurutnya, akan memperlancar proses ini.

"Blankspot di Belitung tinggal sedikit. Hanya di wilayah kepulauan saja, dan tidak banyak. Jadi sangat  mudah untuk akses digitalisasi membantu percepatan penyaluran BST," kata Isyak.

Sejauh ini, ada tiga cara penyaluran BST yang dilakukan Pos Indonesia. KPM mengambil langsung ke kantor pos, melalui komunitas, dan mengantarkan langsung ke rumah KPM, khususnya bagi lansia dan yang sedang sakit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA