Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JaFest 2021, Cara Ikatan Alumni 4 Universitas Jabar Dorong Pemulihan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 21 Maret 2021, 22:37 WIB
JaFest 2021, Cara Ikatan Alumni 4 Universitas Jabar Dorong Pemulihan Ekonomi
Grand Opening JaFest 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung/RMOLJabar
rmol news logo Upaya pemulihan ekonomi nasional turut didukung oleh ikatan keluarga alumni dari berbagai universitas melalui Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021.

JaFest yang merupakan kolaborasi antara Ikatan Keluarga Alumni Unpad (IKA Unpad), Ikatan Alumni ITB (IA ITB), Ikatan Alumni UI (ILUNI UI), dan Himpunan Alumi IPB (HA IPB) ini digelar guna membantu memulihkan perekonomian melalui promosi maupun seminar pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, pariwisata, dan pelestarian budaya, khususnya di Jabar.

Grand Opening JaFest 2021 diselenggarakan di Aula Gedung Sate, Kota Bandung dan dibuka Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (MenkopUKM), Teten Masduki, sekaligus meresmikan Jafest Parekraf dan UMKM Expo 2021.

Teten mengapresiasi kolaborasi serta inovasi yang dilakukan oleh 4 ikatan alumni untuk membantu memulihkan perekonomian, khususnya di Jabar.

Di tempat yang sama, Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan mengatakan, JaFest 2021 akan berlangsung di 5 daerah, yakni Kota Bandung, Bogor, Depok, Kabupaten Garut, dan Cirebon dari tanggal 20 Maret 2021 hingga 22 April 2021.

"Jadi Insya Allah besok ada kegiatan di Kabupaten Garut dan di Kota Bandung yang digelar secara daring pada tanggal 22 hingga 24 Maret 2021," kata Teh Ira, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Minggu (21/3).

Pada tanggal 27 Maret 2021, akan dilakukan diskusi peradaban yang dilakukan kereta wisata Jakarta-Cirebon, lalu dilanjutkan dengan Festival Budaya dan Kuliner Betawi pada Minggu, 28 Maret 2021 di Balaikota, Kota Depok.

Teh Ira menyebut, sebanyak 500 UMKM telah bergabung dengan IKA Unpad dan jika dikolektifkan dengan 3 ikatan alumni lainnya akan berjumlah sekitar 2.000 UMKM. Oleh karena itu, ia berinisiatif untuk membuat kanal gabungan agar kegiatan tersebut dapat berlanjut dan tidak berhenti di JaFest 2021.

"Kami juga mengapresiasi kerja sama dengan Dekranasda Jabar dan Dekranasda di 27 kabupaten kota di Jabar. Akan lebih banyak kolaborasi yang terbentuk dalam rangka memajukan perekonomian melalui UMKM," ujarnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Sementara itu, Sekjen IA ITB, Bernadus Djonoputro menambahkan, yang perlu ditekankan dalam kerja sama tersebut bukan hanya sisi pariwisata dan budaya saja melainkan kompetitifnes dari Jabar. Pasalnya, semua pihak tahu bahwa Jabar merupakan pusat dari human capital terbaik di Indonesia.

"Kami akan berdiskusi untuk berbicara mengenai bagaimana pengembangan human capital untuk menjadi manusia yang kompetitif dan Jabar bisa kompetitif dalam konteks global. Mudah-mudahan kolaborasi ikatan alumni dari berbagai universitas di Jabar bisa memberikan manfaat bagi kita semua," tambahnya.

Selain itu, Ketua ILUNI UI, Andre Rahadian menegaskan, pihaknya akan mendorong UMKM dan didorong oleh masing-masing perguruan tinggi, ikatan alumni, dan juga di bawah pemerintahan kabupaten kota.

Grand Opening ditutup dengan launching pemutaran video Perepet Jengkol yang menandai peluncuran Ulinpiadeuh, serta launching kartu alumni Tematik JaFest 2021.

Dalam JaFest 2021, juga akan ada pemecahan World Record sebagai permainan yang diselenggarakan secara virtual on digital platform terbesar di dunia yang bekerja sama dengan aplikasi TikTok melalui kegiatan Ulinpiadeuh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA