Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jamin Pangan Bebas Bahan Kimia, Dinas KPKP DKI Awasi Pusat Perbelanjaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 17 Maret 2021, 04:44 WIB
Jamin Pangan Bebas Bahan Kimia, Dinas KPKP DKI Awasi Pusat Perbelanjaan
Pengambilan sampel pangan oleh petugas/Net
rmol news logo Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bakal menggencarkan pengawasan di puluhan pusat perbelanjaan di ibukota.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Plt Kepala Dinas KPKP DKI, Suharini Eliawati menjelaskan, pengawasan itu dalam rangka memastikan produk pangan yang aman bebas dari bahan kimia.

"Tujuannya untuk memberikan jaminan keamanan pangan bagi masyarakat, khususnya pangan segar hasil pertanian, peternakan dan perikanan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (16/3).

Wanita yang akrab disapa Elli itu menambahkan, pengawasan yang dilakukan pihaknya akan berfokus pada 65 lokasi pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional, swalayan, sentra produksi dan sebagainya.

Tak hanya melakukan pengawasan, Dinas KPKP juga akan mengambil sampel produk yang nantinya bakal diuji dan dipastikan bebas dari bahan kimia berbahaya baik saat proses produksi, pasca panen maupun saat dipasarkan.

Menurut Elli, pengambilan sampel dilakukan pada komoditas hasil pertanian seperti beras, sayur dan buah.

Sedangkan, untuk hasil perikanan yakni ikan segar, ikan asin, dan olahannya. Untuk produk hasil peternakan yaitu daging sapi, daging ayam, dan usus ayam.

"Pemeriksaan akan dilakukan dengan jenis uji kandungan pestisida, formalin, zat pewarna dan uji kesegaran/eber dengan metode uji cepat menggunakan rapid test kit," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA