Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prihatin Atas Kematian 3 Mahasiswa UKSW, Ratusan Warga Papua Di Jateng Gelar Tradisi Bakar Batu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 15 Maret 2021, 17:24 WIB
Prihatin Atas Kematian 3 Mahasiswa UKSW, Ratusan Warga Papua Di Jateng Gelar Tradisi Bakar Batu
Warga dan mahasiswa Papua di Jateng menggelar tradisi bakar batu/RMOLJateng
rmol news logo Ratusan warga dan mahasiswa Papua di Jawa Tengah menggelar tradisi bakar batu di Kota Salatiga, Senin (15/3).

Hal ini mereka lakukan sebagai wujud keprihatinan atas peristiwa tewasnya tiga orang mahasiswa UKSW setelah menenggak minuman keras (miras).

Tokoh Papua di Salatiga, Melkor Sitokdana, sebagai Wali Mahasiswa melalui Kabag Humas Polres Salatiga AKP Slamet mengatakan, tradisi turun temurun masyarakat Papua ini dilanjutkan pembacaan deklarasi dan ikrar mahasiswa.

"Bakar batu merupakan tradisi penting di Papua, yaitu ritual adat memasak bersama yang bertujuan sebagai wujud syukur dan bersilaturahmi baik menyambut kebahagiaan ataupun karena duka," kata Melkor Sitokdana, Senin (15/3), dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Dia menegaskan, tokoh masyarakat Papua Salatiga dan mahasiswa Papua yang ada di Jawa Tengah juga melaksanakan deklarasi antiminuman keras, sebelum pembacaan deklarasi.  

"Hal ini sebagai wujud keprihatinan dan duka mendalam serta upaya agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA