Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Efektif Bantu Penyembuhan, Gus Yasin Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 14 Maret 2021, 23:47 WIB
Efektif Bantu Penyembuhan, Gus Yasin Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen/Ist
rmol news logo Pemerintah dan tenaga medis harus bersinergi mengedukasi masyarakat penyintas Covid-19 untuk donor plasma konvalesen.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengatakan, edukasi tersebut diperlukan agar penyintas Covid-19 memiliki kesadaran donor plasma.

"Dengan demikian, dapat menekan jumlah angka pasien yang terpapar Covid-19," kata Gus Yasin, sapaan akrabnya, dikutip Kantor Berita RMOLBanten, Minggu (14/3).

Gus Yasin menambahkan, jumlah pasien Covid-19 yang sembuh bisa menjadi potensi pendonor plasma konvalesen yang bisa membantu penyembuhan pasien Covid-19.

"Dari jumlah pasien yang sembuh sebanyak 144.093 orang, jika 50 persen atau sekitar 72 ribu orang yang pernah terpapar Covid-19 mau mendonorkan plasma konvalesen, maka mereka bisa menolong banyak pasien yang saat ini sedang dirawat,” jelasnya.

Gus Yasin mengungkap, dirinya mendapat laporan mengenai efektivitas donor plasma konvalesen untuk penyembuhan Covid-19.

Kata dia, ada seorang santri penyintas Covid-19 yang diminta untuk mendonorkan plasma konvalesen bagi seorang pasien Covid-19. Penyintas tersebut memiliki golongan darahnya sama dan memenuhi syarat donor, proses penyembuhan pasien tersebut berhasil dengan baik.

Menurutnya, agar banyak orang yang bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen, diperlukan sosialisasi dan edukasi yang masif kepada masyarakat umum.

"Terutama penjelasan tentang syarat-syarat menjadi pendonor sekaligus hal-hal positif yang didapat pendonor. Saya mengimbau kepada penyintas atau alumni Covid-19, ayo donorkan plasma konvalesen untuk keselamatan anak bangsa,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA