Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Walikota Yogyakarta Apresiasi Terobosan Konsep Parkir Model CMS Di RS PKU Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 11 Maret 2021, 17:42 WIB
Walikota Yogyakarta Apresiasi Terobosan Konsep Parkir Model CMS Di RS PKU Muhammadiyah
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat peletakan batu pertama pembangunan gedung parkir RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta/Net
rmol news logo Pembangunan gedung parkir Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan konsep Compact Motorcycle Storage (CMS) mendapat dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Pembangunan gedung parkir khusus sepeda motor itu untuk mendukung penataan wajah Kota Yogyakarta dan pelayanan bagi pengunjung rumah sakit.

Hal itu disampaikan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai peletakan batu pertama pembangunan gedung parkir RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (10/3).

Dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung parkir RS PKI Muhammadiyah, hadir juga CEO Soul Parking Kemas Ilham Akbar dan CFO Soul Parking Kenneth Darmansjah.

“Pembangunan parkir dengan Compact Motorcycle Storage (CMS) ini merupakan yang pertama. Kami apresiasi kepada manajemen Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta,” kata Haryadi Suyuti.

Menurutnya pembangunan parkir dengan konsep CMS itu menjadi salah satu solusi bagi kota atau wilayah dengan lahan yang tidak besar. Tapi memiliki potensi parkir yang tinggi, terutama sepeda motor.

Kota Yogyakarta misalnya, kata dia, dengan luas wilayah hanya 32,5 kilometer persegi dan mobilitas masyarakat dengan sepeda motor tinggi. Dengan luas itu tidak mudah untuk menentukan area lahan parkir yang luas.

“Konsep CMS ini menjadi salah satu solusi karena dengan lahan tidak luas, kapasitas parkir bisa banyak. Jadi harapan saya tempat parkir ini bisa jadi solusi rumah sakit, dan teman-teman yang punya usaha di sekitar ini. Dengan adanya parkir ini maka kami tidak lagi memperbolehkan sepeda motor parkir di pinggir jalan, supaya lebih rapi dan lalu lintas lancar,” terangnya.

Haryadi menjelaskan, pengelolaan parkir di Kota Yogyakarta selama ini menerapkan dua jenis yakni parkir di tepi jalan atau on street parking dan parkir di lahan parkir bukan di tepi jalan atau off street parking.

Contoh penerapan off street parking adalah tempat khusus parkir (TKP) milik Pemkot Yogyakarta di antaranya di TKP Abu Bakar Ali dan TKP Ngabean.

“Kota Yogyakarta yang luas lahannya terbatas, opsi terbaik adalah off street parking. Pembangunannya dilakukan ke atas, bukan ke samping. Makannya selanjutnya kami juga berencana membangun parkir seperti ini (CMS) di lingkungan Balaikota karena selama ini jumlah pengguna sepeda motor di sana cukup banyak,” jelasnya.

Di tempat yang sama, CEO Soul Parking, Kemas Ilham Akbar mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bahwa produk Soul Parking dipercaya untuk dibangun di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai startup, kata Ilham, Soul Parking hadir membawa solusi penataan parkir sepeda motor pertama di Indonesia dengan memaksimalkan kapasitas parkir dari minimnya lahan yang ada.

Ditambahkan Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Mohammad Komarudin menyebut gedung parkir CMS akan dibangun bertingkat dengan 8 rak kanan dan kiri. Kapasitas parkir CMS itu sekitar 500 sepeda motor untuk sekali masuk. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA