Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka JAFEST 2021, Atalia Kamil: Menggeliatkan Pariwisata Jadi PR Kita Semua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 07 Maret 2021, 10:58 WIB
Buka JAFEST 2021, Atalia Kamil: Menggeliatkan Pariwisata Jadi PR Kita Semua
Ketua Streering Committee JAFEST 2021, Atalia Praratya Kamil/Repro
rmol news logo Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling parah dihantam pandemi Covid-19. Untuk kembali menggeliatkan perekonomian dan pariwisata di Jawa Barat, maka diselenggarakan Jabar Culture & Tourism Festival (JAFEST) 2021.

JAFEST sendiri dilaksanakan sebagai kolaborasi antara Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad), Ikatan Alumni (IA) Institut Teknologi Bandung (ITB), Ikatan Alumni (ILUNI) Universitas Indonesia (UI), dan Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB).

JAFEST 2021 digelar mulai 20 hingga 25 Maret dengan berbagai kegiatan. Peluncurannya sendiri dilakukan secara hybrid pada Minggu (7/3).

Berbicara dalam Launching JAFEST 2021, Ketua Streering Committee Atalia Praratya Kamil mengungkap besarnya potensi pariwisata Jabar, khususnya di bidang kebudayaan.

"Ketika kita melihat Jawa Barat, kita melihat sesuatu yang luar biasa. Anugerah Allah, anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada Jawa Barat ini tentunya membuat kita bahagia dan bangga," ujar Atalia yang hadir secara virtual.

Atalia mengatakan, kebudayaan Jabar bukan hanya terkait Sunda, namun juga Cirebonan, Betawi, dan Jawa.

Sebelum pandemi, pariwisata kebudayaan itu menggeliat. Namun setelah virus corona melanda, dampaknya begitu dahsyat.

Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) pada 2020, terdapat 58.263 UMKM yang terdampak.

"Di antaranya ada 14.991 pelaku ekraf dan 67.234 tenaga kerja pariwisata yang unpaid leave, dan juga 2.768 usaha pariwisata yang ikut terkena efek yang luar biasa ini," lanjut Wakil Ketua Umum IKA Unpad itu.

Sejauh ini, Atalia melanjutkan, pemerintah telah banyak berupaya, termasuk membentuk Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Jawa Barat, serta berbagai usaha lainnya.

"Ini menjadi PR penting bagi kita semua, untuk menggeliatkan perekonomian, termasuk juga mendukung pariwisata," kata Atalia.

JAFEST sendiri, tambah Atalia, akan berisi banyak kegiatan, seperti pameran foto, bazar UMKM, webinar, workshop desa wisata dan desa digital, hingga Ulinpiade.

Ulinpiade merupakan kompetisi untuk melestarikan permainan daerah. Di mana Jabar diketahui memiliki sekitar 400 dari 6.000 permainan daerah di Indonesia.

Peluncuran JAFEST 2021 dihadiri oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Walikota Depok Muhammad Idris, Walikota Bandung Oded M. Danial, dan Bupati Garut Rudy Gunawan.

Ikut berpartisipasi, turut hadir Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan, Ketua Umum IA ITB Ridwan Djamaluddin, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian, dan Ketua Umum HA-IPB Fathan Kamil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA