Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dampak Erupsi Sinabung, 17 Desa Diselimuti Abu Vulkanik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 02 Maret 2021, 15:28 WIB
Dampak Erupsi Sinabung, 17 Desa Diselimuti Abu Vulkanik
Erupsi Gunung Sinabung pada Selasa pagi (2/3)/Net
rmol news logo Gunung Sinabung setidaknya tiga kali erupsi besar pada Selasa pagi tadi (2/3). Akibatnya ada belasan desa sempat gelap gulita karena tertutup abu vulkanik dari letusan.

Erupsi pertama terjadi pada pukul 07.07 WIB dengan jarak luncuran awan panas mencapai 2 ribu meter ke arah Tenggara-Timur. Disusul erupsi berikutnya pada pukul 07.11 WIB, di mana terjadi guguran awan panas dengan jarak luncuran 3 ribu meter ke arah Tenggara-Timur

Pada pukul 07.15 WIB terjadi lagi erupsi yang diikuti awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Sinabung dengan jarak luncuran 4.500 meter ke arah Tenggara-Timur dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter.

Berdasarkan data yang diperoleh Kantor Berita RMOLSumut, erupsi tersebut menyebabkan 17 desa di Kecamatan Tiga Nderket mengalami gelap gulita tertutup abu. Abu vulkanik tersebut juga berdampak kepada pemukiman warga dan perladangan.

Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa akibat erupsi tersebut. Namun petugas baik dari Pemkab Karo, TNI, maupun Polri masih melakukan berbagai langkah pendataan di lapangan. Patroli juga dilakukan untuk mencegah masuknya warga ke radius yang dilarang.

"Total hingga saat ini telah terjadi sekitar 13 kali guguran awan," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA