Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wawan Sofwan Dapat Rekor MURI Sebagai Pemeran Soekarno Terbanyak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 27 Februari 2021, 21:44 WIB
Wawan Sofwan Dapat Rekor MURI Sebagai Pemeran Soekarno Terbanyak
Wawan Sofwan saat memerankan Soekarno/Net
rmol news logo Wawan Sofwan mendapat rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai pemeran Soekarno dalam setiap pentas monolog. Pria yang akrab dengan sapaan Kang Wawan telah mementaskan monolog Bung Karno sebanyak 85 kali.

Lulusan pendidikan kimia UPI Bandung tahun 1991 ini memang aktif di dunia teater sejak 1985. Pada tahun 2002, Wawan mendalami pentas monolog yang berangkat dari pidato-pidato Bung Karno, pertama kalinya ia membawakan pledoi Indonesia Menggugat dan pentas keliling di Moskow, Berlin, Hamburg dan Denhaag atas sponsor dari Yayasan Bung Karno, kemudian pentas di berbagai kota di Indonesia.

Tidak cukup sampai disitu, Wawan juga aktif sebagai sutradara teater dan musikal, aktor teater dan juga pemain monolog serta mendirikan kelompok Mainteater.

Beberapa pidato Bung Karno yang pernah dibawakan antara lain Indonesia Menggugat, Pidato 1 Juni, Sumpah Pemuda, Revolusi Mental, dan sempat bermain film sebagai Bung Karno dalam film Rudi Habibie karya Hanung Bramantyo dan film dokumenter karya Adrian van Dis (Belanda).

Tak hanya bermonolog, Kang Wawan juga menulis naskah monolog "Besok atau Tidak Sama sekali" yang berkisah tentang Bung Karno sebelum membacakan Teks Proklamasi. Monolog ini pernah dipentaskan di Jakarta, Bandung, Berlin dan Paris. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA