Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Transformasi Digital Solusi Untuk Indonesia Menuju Masa Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 26 Februari 2021, 18:00 WIB
Jokowi: Transformasi Digital Solusi Untuk Indonesia Menuju Masa Depan
Presiden Joko Widodo/Repro
rmol news logo Pembangunan konektivitas digital adalah satu aspek yang  juga menjadi konsen pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sebabnya, hari ini Kepala Negara meluncurkan program Konektivitas Digital 2021, untuk meningkatkan potensi sumber daya dalam negeri dalam hal digital.

"Transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan. Namun, juga sangat penting untuk tetap menciptakan kedaulatan dan kemandirian digital," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (26/2).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan, pembangunan konektivitas digital harus berbarengan dengan penyiapan talenta digital, dalam rangka mewujudkan transformasi digital yang telah diupayakan pemerintah melalui berbagai program.

Program yang disiapkan pemerintah antara lain, penyediaan kapasitas satelit multifungsi milik pemerintah (Satria), pembangunan menara-menara telekomunikasi hingga ke wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal, serta program beasiswa talenta digital dan Gerakan Nasional Literasi Digital.

Dalam implementasi transformasi digital, Jokowi memandang penting soal kedaulatan dan kemandirian digital. Sebab menurutnya, hal itu merupakan prinsip penting transformasi digital Indonesia.

Satu bentuk transformasi tersebut, disebutkan Jokowi, haruslah mendorong penerapan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), meningkatkan pemakaian produk-produk dalam negeri, serta mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa.

"Saya berharap agar program Konektivitas Digital 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia dengan teknologi, pola pikir, kesempatan bisnis global, dan dengan masa depan baru menuju Indonesia Maju," demikian Joko Widodo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA