Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tekan Curah Hujan Jabodetabek, TNI AU Dan BPPT Modifikasi Cuaca

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 24 Februari 2021, 21:18 WIB
Tekan Curah Hujan Jabodetabek, TNI AU Dan BPPT Modifikasi Cuaca
Ilustrasi modifikasi cuaca/Net
rmol news logo TNI AU bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknolog (BPTT) untuk melakukan modifikasi cuaca guna mengurangi intensitas hujan di Jabodetabek.

Hari ini, TNI dan BPTT melakukan penyemaian sebanyak 3 sortie yang terdiri dari 2 sortie pesawat Cassa A-2105 Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh di atas ketinggian 9.000-10.000 feet dengan membawa 800 kg garam.

Selanjutnya pesawat CN-295 A-2901 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma melakukan di atas ketinggian 10.000-12.000 feet dengan membawa 2,4 ton garam dilaksanakan sebanyak 1 sortie.

"Titik fokus penyemaian garam berada di daerah pantai Timur Lampung, Selat Sunda, Ujung Kulon sampai ke perairan selatan provinsi Banten. Setelah disemai, proses menurunnya hujannya sekitar 1 sampai 6 jam," ujar Koordinator lapangan Tim BPPT, Dwipa Wirawan Soejoed dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/2).

Kegiatan modifikasi cuaca sendiri merupakan bentuk kepedulian TNI Angkatan Udara, BPPT, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), dan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengurangi curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan banjir di wilayah Jabodetabek. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA