Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi Minta Gubernur Dan Bupati/Wali Kota Se-Kalsel Rehabilitasi Lahan Untuk Antisipasi Banjir

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 18 Februari 2021, 14:57 WIB
Jokowi Minta Gubernur Dan Bupati/Wali Kota Se-Kalsel Rehabilitasi Lahan Untuk Antisipasi Banjir
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (18/2)/Repro
Gubernur dan bupati serta wali kota se-Kalimantan Selatan diminta Presiden Joko Widodo melakukan langkah pencegahan banjir yang lebih masif lagi.

Jokowi mengatakan, perlu ada intervensi dari pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota untuk menggiatkan rehabilitasi hutan di Kalimantan Selatan.

"Saya titip Pak Gubernur juga seluruh Bupati agar intervensi terhadap rehabilitasi lahan itu sangat penting sekali," ujar Jokowi saat meresmikan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (18/2).

Berdasarkan catatannya, luasan banjir di Kalimantan Selatan bisa dirasakan penduduk di 10 kabupaten/kota. Sehingga menurutnya perlu ada penanganan yang koperhensif dari hulu sampai ke hilir.

Maka dari itu, selain mengandalkan Bendungan Tapin, Jokowi juga meminta penghutanan kembali dan penanaman kembali pohon di lahan-lahan yang terutama berkaitan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Ini perlu segera dilakukan secara besar-besaran,kalau kita tidak mau lagi terkena banjir di masa-masa yang akan datang," tuturnya.

Meski begitu,keberadaan Bendungan Tapin yang memiliki kapasitas tampung sebesar 56,7 juta meter kubik air sudah bisa membantu penanganan banjir di Kalimantan Selatan, khsusunya di Kabupaten Tapin.

"Bahwa karena adanya Bendungan Tapin ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi sangat drastis sekali. Hanya sedikit sekali yang tekena banjir, karena adanya Bendungan Tapin ini," demikian Jokowi.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA