Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Kuasai Universitas Islam Terbaik Dunia, Ketum Muhammadiyah: Alhamdulilah, Sungguh Menggembirakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 18 Februari 2021, 14:38 WIB
Indonesia Kuasai Universitas Islam Terbaik Dunia, Ketum Muhammadiyah: <i>Alhamdulilah</i>, Sungguh Menggembirakan
Universitas Muhammadiyah Malang/Net
rmol news logo Indonesia telah didaulat memiliki univeristas Islam terbaik di dunia. Dari peringkat sepuluh besar, lima di antaranya diambil alih oleh universitas di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berdasarkan "Top Islamic Universities in the World 2021" yang dirilis uniRank, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada diperingkat pertama sebagai perguruan tinggi Islam terbaik di dunia.

Posisi ke-2 dan ke-3 sendiri ditempati oleh Iran University of Science and Technologu dan Cairo University.

Sementara itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berada di posisi ke-4. Disusul oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di posisi ke-8, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang di posisi ke-9, Universitas Islam Indonesia (UII) di posisi ke-10.

Totalnya, dari 408 universitas yang dievaluasi, 116 di antaranya berada di Indonesia.

Penilaian yang dilakukan oleh uniRank sendiri meliputi tiga kriteria, yaitu akreditasi, gelar sarjana dan pascasarjana, dan format pendidikan.

"Tujuan kami adalah untuk menyediakan League Table non-akademik dari Universitas Islam top di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi," tulis uniRank.

Menanggapi data tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan apresiasinya.

"Alhamdulillah sungguh menggembirakan menerima pengumuman “The 2021 uniRank: University Ranking of the Top Islamic Universities in the World”," cuit Haedar di akun media sosialnya pada Kamis (18/2).

Haedar mengatakan, PP Muhammadiyah menyampaikan apresiasi kepada PTM, Majelis Diktilitbang, dan PWM, serta semua komponen yang telah berkomitmen, bersungguh-sungguh, dan bekerja untuk kemajuan persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan global.

"Apa yang dilakukan Perguruan Tinggi dan Amal Usaha Muhammadiyah yang diakui secara nasional dan internasional yang membanggakan itu membuktikan bahwa Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul menebar kebaikan bagi umat, bangsa, dan dunia," tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA