Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lapan Prediksi Banjir Besar di Jadetabek Terjadi Besok Hingga Lusa, Warga Diminta Waspada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 18 Februari 2021, 13:39 WIB
Lapan Prediksi Banjir Besar di Jadetabek Terjadi Besok Hingga Lusa, Warga Diminta Waspada
Banjir di Jati Asih, Bekasi beberapa waktu silam/Net
rmol news logo Warga yang tinggal dan berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) diminta mewaspadai banjir besar dalam kurun waktu dua hari ke depan.

Analisis ini dikeluarkan Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK) Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (PSTA-LAPAN).

Prdiksi PSTA-LAPAN ini menysul peringatan dini yang dikeluarkan Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) beberapa hari yang lalu, yang menyatakan bahya banjir di enam provinsi di Pulau Jawa pada tanggal 18-19 Februari.

"Informasi tersebut juga dibuktikan oleh hasil prediksi Sadewa-LAPAN yang menunjukkan bahwa hujan ekstrem mulai terjadi di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang meluas dan memanjang hingga meliputi Bekasi, Depok, Tangerang bahkan hingga Karawang," tulis Tim TREAK dalam keterangannya.

Untuk prediksi intensitas hujan yang sudah berhasil dicatat Sadewa LAPAN. Di mana, akan terjadi hujan ekstrem dengan intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB. Setelah itu, intensitas akan berkurang terhadap waktu.

"Namun hujan dalam skala meso atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya," sambung keterangan TREAK.

Lebih rinci, TREAK LAPAN menyebutkan prediksi hujan di kasawan Bogor dan sekitarnya akan menjalar ke utara menuju Jakarta, dengan peningkatan intensitas hujan yang terjadi pada tengah malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Bahkan, hujan di Jakarta, diterangkan TREAK, masih akan terjadi hingga pukul 04.00 WIB pada tanggal 20 Februari 2021.

"Hujan ekstrem dini hari ini sangat erat dipengaruhi oleh penguatan CENS dan angin utara di Laut Jawa yang bersifat sangat lembap," terang TREAK.

"Semua pihak diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir besar yang dapat terjadi pada 19-20 Februari 2021 secara luas di Jadetabek, sebagaimana yang pernah terjadi pada 1 Januari 2020," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA