Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Dapat Vaksinasi Covid-19, Sejumlah Nakes Di Abdya Pingsan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 16 Februari 2021, 08:59 WIB
Usai Dapat Vaksinasi Covid-19, Sejumlah Nakes Di Abdya Pingsan
Ilustrasi vaksinasi Covid-19/Net
rmol news logo Sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bekerja di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Aceh Barat Daya (Abdya) dikabarkan pingsan usai disuntik vaksin Sinovac.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut Direktur RSUTP Abdya, Ismail Muhammad, kemungkinan besar penyebabnya karena faktor psikis, bukan dari vaksin yang disuntikkan.

Ismail Muhammad mengatakan, setelah dilakukan vaksinasi memang timbul efek samping seperti psikis akibat ketakutan dan mual-mual, hingga ada yang muntah.

Ditambahkan Ismail, para nakes yang pingsan itu sempat dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUTP Abdya.

"Meskipun hasil screening bisa divaksin, akan tetapi apabila psikis tenaga kesehatan lemah bisa jadi itu menjadi pemicu mereka mengalami pingsan. Ditambah lagi mungkin mereka terlalu lelah usai masuk piket," jelas Ismail Muhammad, Senin (15/2), dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Setelah menjalani perawatan medis, lanjut Ismail, tenaga kesehatan tersebut kembali normal seperti sediakala. Ismail mengatakan kejadian itu tidak disebabkan oleh vaksin Sinovac yang disuntikkan ke tubuh nakes.

"Kita bawa ke IGD biar cepat mendapatkan perawatan medis, Alhamdulillah sudah normal. Tapi sebenarnya vaksin itu tidak apa-apa, karena setiap penyuntikan itu memang ada efek sampingnya," ujarnya.

Sementara terkait jumlah tenaga kesehatan yang pingsan usai divaksinasi, Ismail tidak mengetahui pasti. Lantaran proses vaksinasi masih terus berjalan.

Namun data yang dikumpulkan sejak awal vaksinasi untuk tenaga kesehatan hingga Minggu (14/2), jumlah nakes yang pingsan mencapai 6 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA