Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Komnas HAM Tepis Anggapan Anak Muda Kalau Aparat TNI-Polri Masih Refresif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 15 Februari 2021, 16:35 WIB
Ketua Komnas HAM Tepis Anggapan Anak Muda Kalau Aparat TNI-Polri Masih Refresif
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik/Net
rmol news logo Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menepis anggapan generasi muda saat ini bahwa aparat TNI-Polri masih refresif. Justru menurutnya, aparat negara itu jauh lebih baik dibandingkan Orba. Ahmad yang merupakan aktivis pada era Orba kemudian mengungkap, represifitas aparat saat itu sangat brutal.

"Saya kebetulan aktivis Orba pada masa itu mengalami peristiwa dimana saya dikejar alami represif. Kalau saya bandingkan sekarang jauh sekali. Kalau anak-anak muda sekarang bilang tak ada perubahan dari Orba, mungkin mereka tak mengalami represi di zaman itu, tidak mengalami jadi orang dikejar-kejar harus lari sana kemari. Kalau sekarang kan tidak tentu berbeda," kata Ahmad usai memberi pembekalan dalam Rapim TNI-Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/2).

Komnas HAM, kata dia, memberikan apresiasi kepada lembaga TNI-Polri yang terus melakukan reformasi birokrasi sampai saat ini. Menurut Ahmad, reformasi di internal TNI-Polri sangat kentara dibandingkan ketika zaman Orde Baru (Orba).

Meski begitu Komnas HAM, kata Ahmad, tetap memberikan atensi kepada TNI-Polri untuk tetap tidak bertindak represi dalam hal penegakan hukum.

"Tapi kami tetap ajak bapak-bapak TNI-Polri marilah sama-sama utamakan norma-norma HAM dalam laksanakan tugas kewenangan, (dari) level tinggi sampai bawah," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA