Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seribu Calon Bintara Asli Papua Mulai Jalani Pendidikan Di Pulau Jawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 08 Februari 2021, 17:16 WIB
Seribu Calon Bintara Asli Papua Mulai Jalani Pendidikan Di Pulau Jawa
Pangdam Kasuari saat mengecek calon peserta pedidikan pertama asli dari Papua/Ist
rmol news logo Sebanyak 1.000 calon Bintara TNI dari Putra dan Putri asal Papua mulai menjalani pendidikan pertama bintara (Dikmaba) yang merupakan program Otonomi Khusus (Otsus) di wilayah Kodam XVIII Kasuari. Putra putri Papua itu mulai menjalani pendidikan di sejumlah Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) di Pulau Jawa.

“Jadi, sengaja kami sebar di Pulau Jawa. Pertama, saya selaku Pangdam, kami punya Rindam tapi belum sempurna. Jadi, ada berapa pembina pengasuh pelatih dan alat fasilitas sarana belum terpenuhi sehingga kami titipkan di luar Kodam XVIII/Kasuari,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dalam tayangan video di akun Youtube TNI AD yang dilihat redaksi, Senin (8/2).

Kedua, tujuannya dalam rangka memberikan wawasan sehingga para siswa calon bintara mengetahui dan mengenal Indonesia secara utuh, bukan hanya Papua dan Papua Barat. Ketiga, jumlah siswa calon bintara yang lolos seleksi cukup banyak mencapai 1.000 orang, sehingga tidak mungkin bisa ditangani pendidikannya hanya oleh satu Rindam.

“Kebetulan yang kami lihat siap dan bagus itu sementara di daerah Jawa, dan kebetulan kosong pendidikan di sana sehingga kami titip pendidikan di daerah Jawa,” ujarnya.

Sebanyak 1.000 calon Bintara tersebut, terdiri atas 330 siswa dikirim ke Rindam III/Siliwangi Bandung, 240 siswa Bintara ke Rindam IV/Diponegoro Semarang, 260 siswa ke Rindam V/Brawijaya Surabaya dan 130 calon Bintara ke Rindam Jaya Jakarta.

Sebanyak 40 putri asli Papua mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan (Pusdik) Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad), Lembang, Bandung, Jawa Barat. rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA