Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perjalanan Kereta Api Lintas Utara terganggu Banjir Di Semarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 06 Februari 2021, 16:26 WIB
Perjalanan Kereta Api Lintas Utara terganggu Banjir Di Semarang
Stasiun Tawang terdampak banjir di Semarang/RMOLJateng
rmol news logo Perjalanan beberapa kereta api yang melintas di wilayah Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV, tertahan.

Humas KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan hal tersebut dikarenakan adanya genangan banjir di sejumlah stasiun dan jalur kereta api lintas utara.

Kata dia, Stasiun Tawang seluruhnya terendam banjir hingga ke jalan raya depan stasiun. Kedalaman air di hall stasiun Tawang mencapai 70 cm, mengakibatkan fasilitas penumpang juga mengalami gangguan.

"Untuk Stasiun Poncol hanya halaman parkir depannya saja. Dengan kondisi banjir yang hampir merata di wilayah Daop 4 Semarang ini, berakibat Perjalanan Kereta Api terganggu," kata Krisbiyantoro dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Sabtu (6/2).

Krisbiyantoro juga menjelaskan jalur lintas utara yang masih terjadi banjir dan belum bisa dilalui KA adalah petak jalan Stasiun Poncol-Tawang dan Stasiun Tawang-Alastua karena kedalaman air mencapai 30 cm di atas kepala rel.

Pihaknya berupaya menekan kelambatan dengan langkah mengalihkan rute atau mengalihkan penumpang ke moda transportasi lainnya.

"Kami PT KAI Daop 4 Semarang mohon maaf yang sebesar besar atas terganggunya sejumlah perjalanan KA di wilayah Daop 4 Semarang," ungkapnya.

Lebih jauh, Krisbiyantoro mengungkap sejumlah kereta api yang tertahan adalah KA Argo Bromo anggrek tertahan di Stasiun Gambringan, KA Kaligung tertahan di Stasiun Mangkang, dan KA Maharani tertahan di Stasiun Brumbung.

"Yang lainnya, KA Kamandaka tertahan di Stasiun Pekalongan, KA Kedungsepur tertahan di Stasiun Tawang, KA Harina tertahan di Stasiun Poncol, dan KA KA Barang sejumlah 5 KA juga tertahan di koridor yang sama," terangnya.

Sementara itu, pengalihan rute dilakukan untuk KA Argo Bromo Anggrek melalui lintas Selatan. Sedangkan untuk KA Harina, para pelanggannya mendapatkan service recovery dan dialihkan dengan moda bus dari Stasiun Poncol menuju ke Stasiun Brumbung.

"Selanjutnya diangkut dengan rangkaian yang telah disiapkan eks rangkaian KA Maharani. Sedangkan penumpang KA Maharani untuk menuju ke Semarang diangkut dengan bus. Penumpang KA Joglosemarkerto dari Stasiun Alastua diangkut dengan minibus menuju Stasiun Poncol," tutup dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA