Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bupati Sabu Raijua Yang WNA Amerika Serikat Ngaku Disuruh Nyalon Oleh Ibunya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 05 Februari 2021, 18:55 WIB
Bupati Sabu Raijua Yang WNA Amerika Serikat Ngaku Disuruh Nyalon Oleh Ibunya
Bupati terpilih Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) Orient Riwu Kore/Ist
rmol news logo Bupati terpilih Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) Orient Riwu Kore mengaku diamanahkan oleh ibunya untuk mencalonkan diri sebagai Bupati. Status kewarganegaraan Orient Riwu Kore jadi polemik karena tercatat sebagai WNA Amerika Serikat.

"Saya minta maaf, saya rencana mencalonkan diri sebagai bupati Sabu Raijua karena amanah orang tua," kata Orient usai menemui Kapolda NTT, Jumat (5/2).

Orient menegaskan, dirinya merupakan warga negara Indonesia. Masalah kewarganegaraan ini, kata dia, sudah diurus beberapa pihak. Namun, ia tak memerinci pihak yang mengurus hal itu. "Saya minta maaf, kalau mengenai warga negara itu sudah ada yang urus prosesnya," kata Orient.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua melakukan penelusuran asal usul status kewarganegaraan Orient Riwu yang pada Pilkada lalu berpasangan dengan Thobias Uly itu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua, Yudi Tagi mengatakan, berdasarkan surat balasan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada 1 Februari 2021, perihal status kewarganegaraan dari Sdra. Orient Patriot Riwu Kore, pihak Kedutaan AS menginformasikan bahwa Sdra. Orient Patriot Riwu Kore adalah benar warga Amerika.

Hasil Pilbup di Sabu Raijua, pasangan calon nomor urut 02 Orient Riwu Kore-Thobias Uly (Ie-Rai) dinyatakan sebagai pemenang. Data Sirekap KPU mereka meraih 48,3 persen atau meraih 21.359 suara. Mereka diusung oleh PDIP, Gerindra dan Demokrat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA