Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diskusi JMJ: Vaksinasi Dan Terapkan Prokes, Cara Masyarakat Untuk Kembali Pada Kehidupan Normal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 04 Februari 2021, 00:19 WIB
Diskusi JMJ: Vaksinasi Dan Terapkan Prokes, Cara Masyarakat Untuk Kembali Pada Kehidupan Normal
Ilustrasi
rmol news logo Angka kasus konfirmasi Covid-19 yang sudah melewati satu juga kasus menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara rawan pandemi virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Hal tersebut dikatakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, Safrizal Rahman dalam sebuah diskusi virtual bersama Jaringan Mahasiswa Jakarta (JMJ), Rabu (3/2).

"Faktanya, setelah satu tahun belum ada penyeleseaian yang baik, sepertinya gelombang pertama pandemi ini pun belum bisa kita lalui," ujar Safrizal.

Safrizal menyebutkan, harapan dari pengendalian Covid-19 di Indonesia muncul ketika pemerintah memulai vaksinasi dengan produk pertama dari produsen asal China, Sinovac.

Vaksin sebagai salah satu cara untuk mencapai herd imunity harus didukung oleh masyarakat. Tetapi, kata dia, vaksinasi bukan berarti melegalkan pengabaian pada protokol kesehatan.

"Herd imunity dengan adanya vaksin sebagai alatnya bisa menetralisir virus yang ada. Maka dari itu seluruh lapisan masyarakat beserta pemerintah harus mematuhi protokol yang ada karena peran dari vaksin sendiri adalah untuk mengeluarkan antibodi sebagai penghalang virus corona ini," jelasnya.

Pembicara lain dari diskusi yang dibuka Ketua Umum JMJ Zacky Indra Laksana adalah perwakilan Badko HMI Jabodetabeka-Banten Hendra Purwanto.

Hendra mengamini apa yang dikatakan Safrizal. Bagi dia, mendukung vaksinasi dan menerapkan prokes adalah cara bagi masyarakat untuk segera kembali pada kehidupan normal.

"Sebagai masyarakat kita harus mendukung kebijakan yang bersifat positif agar kehidupan normal bisa kita rasakan," katanya.

Ditambahkan anggota Lembaga Kesehatan PB HMI Repil Ansen, dia mengingatkan pada pemerintah bahwa salah satu kunci keberhasilan vaksinasi adalah sosialisasi supaya masyarakat mau ikut divaksin.

"Oleh karena itu program sosialisasi ini harus bisa tersebar ke pelosok sampai daerah diluar sana. Dukungan sosialisasi ini merupakan agenda penting yang harus dilakukan agar bisa terealisasi dengan efektif," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA