Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Potensi Gerakan Tanah Di Indonesia Masih Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 26 Januari 2021, 10:11 WIB
Potensi Gerakan Tanah Di Indonesia Masih Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada
Ilustrasi/Net
rmol news logo Potensi gerakan tanah di Indonesia pada Januari 2021 dibandingkan Desember 2020 masih tetap tinggi. Bahkan, pergerakan tanah cenderung mengalami peningkatan di seluruh Indonesia.

Karena itu, masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah yang rentan terjadi pergerakan tanah harus meningkatkan kewaspadaan.

Berdasarkan keterangan resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Selasa (26/1), sejumlah wilayah yang harus mewaspadai gerakan tanah dengan potensi tinggi meliputi Jawa terus meluas ke Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi, Maluku dan Maluku Utara, hingga Papua.

Sedangkan wilayah Sumatera potensinya tetap tinggi, meski cenderung menurun. Wilayahnya mencakup sisi barat. Mulai dari Aceh, Sumatera Utara, hingga Lampung.

"Kewaspadaan tinggi bulan Januari 2021 di seluruh wilayah Indonesia dan pada saat turun hujan utamanya di wilayah di pegunungan, perbukitan, jalur jalan, dan seputaran bantaran sungai," demikian keterangan PVMBG Kementerian ESDM yang dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Terakhir, gerakan tanah terjadi di tiga kabupaten/kota di Indonesia. Daerah itu di antaranya Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur; Kabupaten Sumedang, Jawa Barat; dan Kota Kupang, NTT.

Pergerakan tanah atau longsor ini diperkirakan karena kelerengan yang terjal, tanah atau batu yang labil, serta dipicu oleh curah hujan yang tinggi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA