Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPAI: Ada Korelasi Kondisi Ekonomi Pengaruhi Disparitas PJJ

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 23 Januari 2021, 10:42 WIB
KPAI: Ada Korelasi Kondisi Ekonomi Pengaruhi Disparitas PJJ
Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Lisyarti/Net
rmol news logo Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Lisyarti menyebut, 10 bulan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 ini masih memunclkan disparitas antara anak yang berasal dari keluarga kaya dengan keluarga miskin.

"Artinya ada korelasi kondisi ekonomi yang mempengaruhi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini," kata Retno dalam diskusi daring Polemik MNC Trijaya bertajuk "Nasib Di Tengah Pandemi" Sabtu, (23/1).

Tidak hanya di tataran keluarga, kata Retno, disparitas atau perbedaan juga terjadi pada tenaga-tenaga pengajar yang berada di Perkotaan dan di Desa.

"Kalau lebih lebar lagi, adanya disparitas di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa," tandasnya.

Setelah Mendikbud menyatakan kondisi Pandemi Covid-19 tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal, terdapat ratusan ribu sekolah ditutup sementara untuk mencegah penyebaran.

Sekitar 68 juta siswa kini melakukan kegiatan belajar dari rumah,dan kurang lebih empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh .

Konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini sebenarnya bukan hal baru, namun keragaman wilayah Indonesia, menjadi sebuah tantangan yang besar untuk bisa mewujudkan pemerataan akses pendidikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA