Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dimutakhirkan M 7,0, Gempa Melonguane Tak Berpotensi Tsunami

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 21 Januari 2021, 20:56 WIB
Dimutakhirkan M 7,0, Gempa Melonguane Tak Berpotensi Tsunami
Titik gempa Melonguane/Ist
rmol news logo Warga Kepulauan Talaud merasakan guncangan kuat saat gempa terjadi pada Kamis (21/1), sekitar pukul 19.23 WIB.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gempa yang sebelumnya dilaporkan magnitudo 7,1, parameter dimutakhirkan BMKG pada magnitudo 7,0 serta berada 132 km timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Dari laporan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud, gempa dirasakan kuat selama 3 detik.

"Saat gempa, warga sempat panik. Namun hingga kini, BPBD setempat belum menerima informasi terkait dampak gempa dengan kedalaman 119 km tersebut," jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/1).

BNPB terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud. Saat ini BPBD setempat sedang menghimpun informasi dari desa-desa yang teridentifikasi merasakan guncangan gempa.

Informasi yang diterima BNPB menyebutkan kondisi di Kepulauan Talaud sekarang ini tidak ada penerangan atau lampu mati serta komunikasi juga agak sulit.

Sementara itu, dilihat dari peta guncangan yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong IV MMI, Manado, Bitung III MMI,  Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI, Bolaang Uki II MMI, Ternate, Sofifi, Halmahera Tengah I-II MMI.

"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," lanjut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA