Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mamuju Dan Majene Berangsur Pulih Pasca Gempa M 6,2

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 21 Januari 2021, 18:12 WIB
Mamuju Dan Majene Berangsur Pulih Pasca Gempa M 6,2
Kegiatan jual beli di Mamuju dijaga aparat kepolisian/Ist
rmol news logo Kondisi Kabupaten Mamuju dan Majene berangsur pulih dari hari-hari sebelumnya pascagempa yang mengguncang Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berkekuatan M 6,2 pada Jumat (15/1).

"Berdasarkan dengan pendataan yang sudah dibuat Dansatgas Penanggulangan Bencana, beberapa fasilitas publik yang ada sudah mulai berfungsi kembali, keadaan sudah mulai berangsur membaik," ujar Kasrem Kolonel Yusuf dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (21/1).

Yusuf mengatakan, dari pemantauan di lapangan, beberapa toko sudah kembali dibuka dan mendapatkan penjagaan kepolisian.

"Kami berharap perekonomian di Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Mamuju maupun Majene bisa berangsur pulih, sehingga mayarakat bisa hidup dengan normal kembali," tuturnya.

Data hari Rabu (20/1), Dansatgas memperoleh 318 titik pengungsian, di mana 299 berada di Kabupaten Mamuju dan 17 titik di Kabupaten Majene.

Adapun personel yang dikerahkan dalam penanganan gempa Sulbar antara lain 1.561 personel TNI, Polri 744 orang, bahasa anak 100 orang, BPBD 100 orang, serta relawan kurang lebih 850 orang. Pendistribusian bantuan juga terus mengalir di beberapa instalasi penampungan yang di kirim melalui pesawat udara, perjalanan darat maupun kapal laut.

Selain itu Dansatgas juga mendapat bantuan berupa alat berat yang sudah tersebar di semua titik kerusakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan pembersihan di sekitar runtuhan bangunan. Yusuf berharap dalam waktu dekat reruntuhan bisa bersih seluruhnya.

"Dengan adanya dukungan bantuan alat berat, kami berharap dalam waktu tidak lama lagi reruntuhan bisa bersih seluruhnya sehingga masyarakat dapat segera kembali beraktifitas normal," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA