Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PMI Banten Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 21 Januari 2021, 15:11 WIB
PMI Banten Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen
Penyintas Covid-19 sedang mendonor Plasma Konvalesen/Ist
rmol news logo Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten mengajak para penyintas atau orang yang telah berhasil sembuh dari Covid-19 untuk berdonor Plasma Konvalesen.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Terlebih, pemerintah telah melakukan Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvasalen pada Senin (18/1).

"Transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 bergejala berat dan kritis. Maka pendonor plasma sangat dibutuhkan saat ini," kata Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah dikutip Kantor Berita RMOLBanten, Kamis (21/1).

Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen merupakan salah satu upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien Covid-19.

"Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dan rasa solidaritas yang tinggi masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya tersebut," ujarnya.

Sekadar diketahui, transfusi plasma konvalesen merupakan metode yang dilakukan dengan mendonorkan antibodi SARS-Cov-2 yang terbentuk secara alami dalam tubuh para penyintas atau yang telah sembuh dari Covid-19.

Hasil penelitian maupun praktik penggunaan plasma konvalesen di Indonesia, seperti yang dilakukan oleh PMI dan Kementerian Kesehatan, serta beberapa rumah aakit menunjukkan efikasi yang tinggi, yaitu antara 60 persen hingga 90 persen.

Menurut Tatu, dibutuhkan sinergi antara pemerintah, PMI, dan rumah sakit untuk sistem data yang terintegrasi para penyintas Covid-19 atau potensi calon donor.

Saat ini di Banten, baru tiga Unit Donor Darah (UDD) yang bisa melakukan pelayanan donor plasma konvalesen, yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

"Sistem peralatan dan pengolahan plasma berbeda dengan darah biasa, maka kami juga membutuhkan dukungan pemerintah daerah serta penambahan peralatan apheresis untuk pengolahan darah di UDD yang menerima pelayanan donor plasma konvalesen," ujarnya.

Tatu berharap, para penyintas Covid-19 mau berdonor plasma konvalesen.

"Mari membantu saudara kita yang tengah berjuang sembuh dari Covid-19, untuk menjadi pahlawan kemanusiaan di tengah pandemi," ujarnya.

Untuk penyintas Covid-19 yang hendak berdonor, bisa menghubungi hotline Humas PMI Banten di nomor 0878-2556-9464. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA