Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Sleman Diminta Waspadai Banjir Lahar Dan Guguran Lava

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 21 Januari 2021, 12:04 WIB
Warga Sleman Diminta Waspadai Banjir Lahar Dan Guguran Lava
Abu tipis terdistribusi di beberapa wilayah sekitar lereng Gunung Merapi/Humas BNPB
rmol news logo Masyarakat Kabupaten Sleman dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aliran sungai yang berhulu Gunung Merapi di lereng sisi barat.

"Kami tetap mewaspadai potensi ancaman bahaya Gunung Merapi di sisi barat, terutama di aliran sungai karena memang selama ini arah gugurannya dominan ke barat," kata Kepala Seksi Mitigasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Joko Lelono kepada wartawan, Kamis (21/1).

Selain ancaman banjir lahar dingin, Joko menambahkan, terdapat ancaman guguran lava pijar dan awan panas di aliran sungai yang berhulu pada Gunung Merapi.

"Dengan meningkatnya guguran ke barat, maka tentunya timbunan material vulkanis Merapi di puncak juga bertambah. Ini berpotensi terjadi banjir lahar dingin di sungai berhulu Merapi saat turun hujan deras di puncak," katanya.

Meski tetap meningkatkan kewaspadaan, pengungsian warga di sisi barat daya, khususnya kelompok rentan belum akan dilakukan.

"Karena dari catatan kami memang tidak ada warga yang tinggal di radius lima kilometer dari puncak Merapi, sehingga masih dalam radius yang direkomendasikan BPPTKG," sebut Joko.

Adapun rekomendasi dari BPPTKG terkait dengan potensi ancaman bahaya Gunung Merapi yang saat ini masih berada di radius lima kilometer dari puncak.

"Dari BPPTKG di area lima kilometer, sedangkan di barat daya Merapi Sleman saat ini posisi warga radiusnya lebih dari lima kilometer. BPBD Sleman juga belum melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi apabila Gunung Merapi statusnya berubah menjadi awas," demikian Joko Lelono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA