Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Pemalsuan, Bandara Soetta Akan Terapkan Sistem Validasi Digital Surat Bebas Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 19 Januari 2021, 22:30 WIB
Cegah Pemalsuan, Bandara Soetta Akan Terapkan Sistem Validasi Digital Surat Bebas Covid-19
Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Darmawali HandokoRMOLBanten
rmol news logo Maraknya sindikat pemalsuan surat keterangan bebas Covid-19 membuat pihak pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengubah sistem validasi dokumen kesehatan.

Hal tersebut untuk menghindari adanya celah oknum nakal kembali memalsukan salah satu syarat terbang tersebut.

Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko mengatakan, pihaknya saat ini tengah membuat mekanisme sistem tersebut. Di mana, sistem tersebut nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi Electronic Health Alert Card (e-HAC).

"Jadi nanti surat bebas Covid-19 akan langsung diunggah ke aplikasi e-HAC oleh fasilitas kesehatan penyelenggara tes bebas Covid-19, tidak ada lagi validasi manual," ujar Darmawali, Selasa (19/1).

Darmawali menuturkan, kedepannya seluruh pelayanan kesehatan yang dapat mengeluarkan surat bebas Covid-19 haruslah terdaftar di e-HAC, sehingga tidak akan ada pemalsuan surat.

"Jadi yang mengunggah hasil tes bebas Covid-19 itu si petugas faskesnya melalui aplikasi e-HAC, jadi petugas validasi hanya akan scan barcode saja," jelasnya seperti dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Darmawali menuturkan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, termasuk dengan Kementerian Perhubungan dan pihak fasilitas kesehatan.

"Saat ini sudah mulai diterapkan juga, beberapa faskes sudah melakukan itu tapi kita rencanakan Februari 2021 akan diterapkan penuh," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA