Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Corona Belum Reda, Muncul Virus Baru Yang Bisa Menular Dari Hewan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 18 Januari 2021, 13:31 WIB
Corona Belum Reda, Muncul Virus Baru Yang Bisa Menular Dari Hewan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Belum reda pandemi Covid-19, kini masyarakat Jawa Tengah diminta waspada dengan keberadaan virus baru.

Baru-baru ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah menemukan adanya babi terpapar virus African Swine Fever (ASF) atau Flu Babi Afrika.

Staff Disnakkeswan Jateng, Agung Sri Kuncoro mengatakan, flu babi merupakan salah satu penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia. Kata dia, temuan babi yang mati akibat terpapar ASF terdapat di eks karesidenan Solo.

"Penyakit ini sangat berbahaya. Kami minta masyarakat juga mewaspadai adanya hal ini karena tipe penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia," kata Agung seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Senin (18/1).

Agung pun mengimbau peternak babi segera melapor bila ada babi terindikasi sakit ASF. Nantinya, laporan akan ditindaklanjuti agar penyakit tidak menyebar.

"Kami akan lakukan disinfeksi. Kemudian kalau ada babi yang mati, bangkainya jangan dibuang di sungai, karena dapat menyebarkan penyakit. Lebih baik dimusnahkan, dibakar, kemudian dikubur," tambahnya.

Lebih jauh, Agung mengimbau kepada masyarakat apabila akan menyembelih babi, dapat dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). DI sana, kondisi hewan akan dicek dulu sebelum disembelih. Jika ditemukan penyakit, atau terpapar ASF akan segera ditangani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA