Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merapi Kembali Semburkan Awan Panas, Jangkauannya Hingga 1.000 Meter

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 18 Januari 2021, 11:49 WIB
Merapi Kembali Semburkan Awan Panas, Jangkauannya Hingga 1.000 Meter
Aktivitas Gunung Merapi berdasaran pantauan PVMBG pagi tadi/Repro
rmol news logo Gunung Merapi memperlihatkan peningkatan aktivitas pada Senin ini (18/1), karena kembali menyemburkan Awan Panas Guguran (APG).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, semburan APG yang tepatnya terjadi pada pukul 05.43 WIB hari ini memiliki jangkauan terbang hingga 1.000 meter.

"Awan panas guguran tercatat dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 112 detik melalui pengamatan seismogram," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Djati, mengutip informasi PVMBG.

Raditya melanjutkan, pengamatan visual sementara teramati tinggi kolom APG 50 meter di atas puncak serta arah angin bertiup ke tenggara. Selain itu, teramati enam kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 600 meter ke arah barat daya.

"Masyarakat diminta agar selalu mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Merapi," ungkapnya.

"Selanjutnya, radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya," pungkas Raditya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA