Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal Riset Kemenko Marves Rekam Objek Sepanjang 3 Meter, Diduga Puing SJ-182

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 18 Januari 2021, 11:35 WIB
Kapal Riset Kemenko Marves Rekam Objek Sepanjang 3 Meter, Diduga Puing SJ-182
Kapal Riset ARA/Net
rmol news logo Kapal Riset ARA milik Kemenko Kemaritiman dan Investasi melakukan pencarian puing pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ-182 di dasar laut perairan Tanjung Kait, Tangerang, Senin (18/1).

Pada pencarian kali ini, Kapal ARA melakukan pencarian di sektor IV, setelah sebelumnya difokuskan di sektor II. Kali ini pencarian juga diikuti oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Safri Burhanuddin.

"Hari ini proses pencarian kita lanjutkan kembali, dengan mencari di sektor IV. Kita masih fokus dalam mencari dan mengidentifikasi objek di kedalaman. Nantinya objek yang terekam akan di data dan dilaporkan kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas),” kata Deputi Safri saat ditemui di lapangan, (18/1).

Proses pencarian dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB dan langsung mengarah ke lokasi pencarian sekitar 90 menit dari titik sandar kapal di Pelabuhan Nizam Zachman.

Waktu tempuh untuk sampai ke sektor IV memakan waktu satu jam. Sesampainya di titik lokasi pencarian, KR ARA langsung menggunakan High Resolution GPS (HR GPS), Side Scan Sonar, dan Multibeam Echosounder untuk menyisir titik pencarian di sektor IV yang sudah ditentukan. Kedalaman yang disisir sekitar 50 hingga 60 meter.

Bersama tim dari lembaga riset internasional Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC) yang juga bekerja sama dengan peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), pencarian dilakukan selama lima jam yang berfokus untuk mencari objek dari Pesawat Sriwijaya SJ-182.

Pencarian KR ARA membuahkan beberapa hasil dengan menyisir dasar laut menggunakan HR GPS dan Multibeam Echosounder. Ditemukan beberapa indikasi objek yang terlacak dan terekam.

Salah satu yang terekam adalah objek sepanjang 3 meter, di mana objek ini sudah di data untuk dilaporkan kepada Basarnas. Hasil pendataan ini, akan ditindaklanjuti dengan pencarian oleh Basarnas ke setiap lokasi yang sudah dilaporkan oleh KR ARA.

KR ARA menyelesaikan pencariannya pada pukul 11.57 WIB, karena adanya cuaca yang kembali memburuk. Pencarian ini akan dilanjutkan pada hari selanjutnya dengan tetap berkoordinasi bersama Basarnas.

"Besok proses pencarian akan kembali kita lakukan dengan tetap berkoordinasi dengan Basarnas. Apapun indikasi temuan kita akan selalu koordinasikan dengan BASARNAS," tutup Deputi Safri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA