Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BKPM Memulai Program Kemitraan Investasi Pengusaha Besar Dengan UMKM, Ini Harapan Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 18 Januari 2021, 10:14 WIB
BKPM Memulai Program Kemitraan Investasi Pengusaha Besar Dengan UMKM, Ini Harapan Jokowi
Presiden Joko Widodo dalam acara penandatanganan MoU PMDN, PMA bekerjasama dengan UMKM dalam negeri/Repro
rmol news logo Program kemitraan investasi antara pengusaha besar di dalam dan luar negeri dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mulai diimplementasikan pemerintah.

Program yang dijalankan Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) ini disambut baik oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan, program kemitraan tersebut merupakan bagian dari amanat Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) 11/2020, yaitu meningkatkan kemudahan berusaha dan kemitraan strategis antara perusahaan besar dan UMKM.

"(Kemitraan strategis antara perusahaan besar dan UMKM) akan terus kita kembangkan dengan prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing di ranah global," ujar Jokowi dalam acara Penandatanganan Komitmen PMA dan PMDN Dengan UMKM, di Istana Bogor, Senin (18/1).

Menurut mantan Wali Kota Solo ini, kemitraan UMKM dengan pengusaha besar ini sangat penting, agar UMKM bisa masuk dalam rantai produksi global (global value change) dan mampu meningkatkan peluang UMKM naik kelas.

"Yang mikro naik kelas ke yang kecil, yang kecil naik kelas ke menengah, dan yang menengah kita harapkan bisa naik kelas ke yang besar," tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga berharap program kemitraan ini bisa meningkatkan kualitas produk UMKM menjadi lebih kompetitif. Baik dari sisi desain produk dan manajemennya menjadi lebih baik, hingga lebih bankkable.

"Karena (UMKM) bisa belajar dari perusahaan-perusahaan besar baik dalam negeri maupun asing, menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan, pemerataan ekonomi. Tujuannya kesana," demikian Joko Widodo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA