Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akses Darat Putus, Denny Indraya Minta Korban Banjir Kalsel Dievakuasi Via Jalur Udara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 17 Januari 2021, 14:59 WIB
Akses Darat Putus, Denny Indraya Minta Korban Banjir Kalsel Dievakuasi Via Jalur Udara
Mantan Wamenkumham, Denny Indrayana/Net
rmol news logo Proses evakuasi dan penyaluran bantuan untuk korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan harus dilakukan dengan cara apa pun. Termasuk melalui jalur udara pasca beberapa jembatan di jalan nasional rusak parah dan memutus sarana transportasi darat.

Mantan Wamenkumham, Denny Indrayana mengatakan, saat iin masih banyak warga yang belum dievakuasi, terutama di daerah terparah seperti Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

"Saya bersama relawan berharap bisa ke Kota Barabai, Hulu Sungai Tengah. Tapi jalur transportasi putus, tidak bisa dilalui angkutan sehingga warga tidak bisa menyalurkan bantuan ke daerah hulu sungai," ujar Denny Indrayana kepada wartawan, Minggu (17/1).

Tak berdiam diri, pihaknya pun sudah berkomunikasi dengan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo dan Pangdam Mulawarman.

"Kami meminta pemerintah pusat maksimal membantu warga kami yang sangat kesusahan akibat banjir. Karena banyak yang belum maksimal mendapatkan bantuan," ujarnya.

Calon Gubernur Kalsel yang masih berjuang di Mahkamah Konstitusi ini juga menyebut daerah Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Kota Banjarmasin mengalami banjir yang cukup parah.

"Khususnya di Hulu Sungai Tengah dan daerah terisolir, kami minta dievakuasi dan kiriman bantuan melalui jalur udara. Agar situasi darurat ini bisa ditangani dengan cepat," tambahnya.

Selain akses jalan putus, di beberapa daerah juga disertai dengan pemadaman aliran listrik. Sehingga menyebabkan jalur komunikasi terganggu.

Di sisi lain, Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Berry Nahdian Furqan berujar bahwa saat ini banjir sudah mulai surut meski ancaman banjir masih bisa terjadi jika di atas gunung Meratus terjadi hujan.

Ia mengurai, saat ini warga terdampak sangat membutuhkan beberapa bantuan seperti makanan, pakaian layak pakai, pakaian untuk anak dan perlengkapan untuk bayi, selimut, perlengkapan pakaian wanita, serta obat-obatan.

"Kami mohon pemerintah pusat memprioritaskan korban di Hulu Sungai Tengah. Karena itu, kami mohon bantuan dikerahkan segera," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA