Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BNPB Sediakan Lima Helikopter Untuk Mendistribusikan Bantuan Ke Korban Gempa Sulbar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 16 Januari 2021, 12:10 WIB
BNPB Sediakan Lima Helikopter Untuk Mendistribusikan Bantuan Ke Korban Gempa Sulbar
Direktur Pengembagan Strategi Penanggulangan Bencana BNBP, Agus Wibowo dalam acara diskusi virtual Polemik Trijaya FM/Repro
rmol news logo Proses distribusi bantuan bencana alam gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana menggunakan helikopter.

Direktur Pengembagan Strategi Penanggulangan Bencana BNBP, Agus Wibowo mengatakan, pihaknya menyediakan sejumlah helikopter yang sudah siap digunakan untuk personil penanganan bencana gempa bumi, baik di Kabupaten Majene maupun di Kabupaten Mamuju, Sulbar.

"Jadi kita sudah ada lima helikopter yang dikerahkan di sana. Bisa digunakan juga untuk keperluan tersebut (mendistribusikan bantuan)," ujar Agus Wibowo dalam acara diskusi virtual Polemik Trijaya FM, Sabtu (16/1).

Tak menutup kemungkinan, lanjut mantan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB ini, akan ada tambahan helikopter atau pesawat untuk proses penanganan gempa di Sulbar, jika memang diperlukan.

"Jadi jika perlu tambahan akan dikerahkan oleh BNPB, akan mencari dukungan dari (pesawat) Hercules TNI serta pesawat-pesawat lainnya yang bisa dipakai untuk mendrop bantuan-bantuan tersebut," demikian Agus Wibowo menambahkan.

Hingga saat ini, jumlah korban akibat gempa bumi bermagnitudo 6,2 (M6,2) yang sudah berhasil didata ada sebanyak 42 orang. Rinciannya, 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majane.

Selain itu,di Kabupaten Majene, sekitar 637 orang mengalami luka ringan dan mendapatkan penanganan rawat jalan, serta kurang lebih 15.000 orang mengungsi di 10 titik pengungsian.

Sementara itu, ada 189 orang di Kabupaten Mamuju mengalami luka berat dan dirawat pascagempa M6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1), pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat di Provinsi Sulawesi Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA